Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi 9 Diluncurkan di Spanyol dengan Empat Kamera & Helio G80

0 5.150

Setelah bocoran harga dan spesifikasinya muncul di situs e-commerce Lazada Filipina pekan lalu, kini Xiaomi telah secara resmi meluncurkan seri smartphone paling murah mereka untuk tahun 2020, yaitu Redmi 9. Smartphone ini hadir sebagai suksesor dari Redmi 8, membawa beberapa peningkatan fitur hardware yang salah satunya sangat terlihat dari desain luarnya.

Ya, selain jumlah kameranya yang bertambah, aksen warna serta desain bodi belakangnya seolah terinspirasi dari Redmi K30. Smartphone ini akan hadir dan berkompetisi dengan merk lainnya, yang juga saling mendominasi pasar smartphone kurang dari Rp1 juta yang sangat laris di pasaran. Untuk itu, mari kita bedah keunggulannya.

Baca juga: Jawara Terbaru Xiaomi, Redmi Note 9 & 9 Pro Tiba di Indonesia

Xiaomi Redmi 9 Kini Hadir dengan Layar Full HD+

Xiaomi Redmi 9

Pada sisi depan, desainnya masih sama-sama menggunakan waterdrop notch. Memiliki layar 6,53 inci berjenis IPS, resolusinya meningkat jauh dari yang awalnya HD+ di Redmi 8, kini sudah menjadi full HD+ di Xiaomi Redmi 9. Rasio layar ke bodinya mencapai 89,83%, dan layarnya miliki tingkat kecerahan hingga 400 nits serta terlindungi dari lapisan Gorilla Glass 3.

Untuk urusan performa, Xiaomi tak lagi gunakan chipset dari Snapdragon. Xiaomi Redmi 9 gunakan MediaTek Helio G80, pertama kali hadir pada realme 6i. Prosesor ini bisa dibilang cukup powerful, menjadi peningkatan dari seri G70 yang dibawa realme 5i. Itu saja performanya sudah sangat baik untuk smartphone di kelasnya. Dipasangkan dengan RAM LPDDR4x serta penyimpanan berjenis eMMC 5.1, masing-masing dengan pilihan kapasitas 3GB/32GB & 4GB/64GB.

Kamera depannya beresolusi 8MP f/2.0. Sementara di belakang, terdapat sensor utama 13MP f/2.2 yang ditemani dengan kamera ultra-wide angle 8MP f/2.2, depth sensor 2MP serta kamera makro 5MP. Cukup unik, mengingat di seri Redmi Note 9, hanya varian Pro saja yang miliki resolusi kamera makro tinggi (dibandingkan Redmi Note 9 biasa yang hanya 2MP).

Kapasitas baterainya dibuat sama seperti Redmi Note 9 series, yaitu 5,020 mAh. Dan sama seperti pada generasi sebelumnya, Xiaomi Redmi 9 juga sudah mendukung fast charging hingga 18 watt. Sayangnya dalam paket penjualan, Xiaomi hanya sediakan charger 10 watt. Jadi kamu perlu membeli charger tambahan untuk proses pengecasan yang lebib kencang.

Konektivitasnya tentu lengkap, seperti Bluetooth 5.0, dukungan radio FM hingga jack audio 3,5mm. Di Spanyol, smartphone ini hadir dengan sensor NFC, namun hal seperti ini dapat berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhan pasar di masing-masing negara.

Harga Xiaomi Redmi 9 di Spanyol

Xiaomi Redmi 9

Situs resmi Xiaomi Spanyol menampilkan Redmi 9 dengan tiga warna menarik; Black, Green dan Purple. Varian memori 3/32GB dijual seharga 139 Euro (Rp2,2 jutaan), sementara untuk varian 4/64GB dibanderol 179 Euro (Rp2,8 jutaan). Harga ini mungkin sangat terasa mahal, namun ini umum terjadi. Harga di pasar lain termasuk Asia pasti jauh lebih murah.

Di toko ritel daring lainnya seperti Banggod dan Gearbest, juga telah menjual smartphone ini, dengan harga mencapai USD139, atau sekitar (Rp1,9 jutaan). Semoga ketika hadir di sini, harganya bisa sesuai dengan ekspektasi calon konsumen yang ingin membeli ya.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID