Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara Mengaktifkan Fitur ‘Live Caption’ di Browser Google Chrome Smartphone dan Desktop

oogle terus membuat Chrome menjadi lebih fungsional dan kaya fitur. Salah satu yang terbaru, peramban tersebut kini mendukung fitur teks otomatis Live Caption. Fitur ini membantu membuat teks caption secara otomatis untuk beberapa media seperti video, podcast, atau pesan audio apa pun di ponsel pengguna.

Fitur Live Caption pada Chrome akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengunduh file pengenalan suara saat untuk memutarkan Podcast. Memang masih butuh kesabaran yang lebih, mengingat fitur tersebut tidak langsung menampilkan teks.

Cara Penggunaan Fitur Live Caption di Chrome

Google Chrome
Fitur teks otomatis akan muncul ketika video sedang dimainkan (Tangkapan Layar Pribadi TL)

Pengguna akan mendapatkan live caption setelah mengunduh file speech recognition. Caranya klik titik tiga di sebelah kanan atas, pilih bagian Settings. Sesudah itu, pilih Accesibility dan aktifkan tombol Live Action untuk mengunduhnya. Anda hanya perlu memuat ulang situs sehabis file diunduh. Fitur ini akan bekerja dengan baik dalam keadaan memutar konten video/ audio WhatsApp serta video YouTube.

Untuk mengaktifkan fitur ini,ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, temukan video yang ingin ditonton. Chrome akan memberikan opsi kepada pengguna untuk menggunakan fitur Teks Otomatis. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengetuk ikon musik yang terletak di dekat ikon Ekstensi. Setelah itu, ketuk ikon musik dan sebuah kotak akan muncul yang memungkinkan Anda mengaktifkan fitur Teks Otomatis.

Sesudah mengaktifkannya, Live Caption akan muncul secara otomatis dalam kotak kecil yang dapat dipindahkan di bagian bawah browser saat menonton atau mendengarkan video. Seseorang akan melihat Teks Otomatis bahkan ketika audio dimatikan atau sekalipun posisi volume dalam keadaan rendah.

Fitur ini akan berguna, jika pengguna tidak memiliki sepasang earphone atau ingin menonton video tanpa terganggu oleh siapapun. Selain itu, Live Caption dapat dimanfaatkan kalangan tunarungu dalam menikmati video atau suatu pesan suara tertentu. Untuk menggunakan fitur Live Caption terbaru, pastikan telah menggunakan Chrome versi terbaru.

Telah Tersedia di Beberapa Ponsel Tertentu

ilustrasi smartphone aplikasi perpanjang SIM
Foto: Unsplash/Paul-hanaoka

Saat ini, Fitur hanya tersedia untuk beberapa smartphone seperti merk Pixel, OnePlus dan Samsung tertentu. Daftar ponsel Pixel yang mendukung fitur Live Caption ini adalah Google Pixel 4a, Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 2, dan Google Pixel 2 XL. Sedangkan untuk OnePlus terdiri atas seri 8 dan 8 Pro. Untuk Samsung yang akan tersedia fitur ini adalah seri Galaxy S10, Note 10.

Untuk menggunakan salah satu fitur pada smartphone ini, Anda hanya perlu mengaktifkan Teks Otomatis dengan mengunjungi bagian Pengaturan. Cukup ketikan Teks Otomatis di bilah pencarian dan kemudian alihkan ke fitur tersebut. Dengan cara ini pengguna akan mendapatkan teks langsung setiap kali ucapan terdeteksi oleh perangkat. Anda dapat mematikan fitur ini kapan saja dengan cara mengetuk ikon teks yang terletak di bawah kontrol volume. Tekan tombol volume atas atau bawah ponsel untuk meluncurkan kotak kontrol volume.

Tinggalkan komen