Diikuti Lebih dari 1.600 Peserta, Inilah Pemenang Indonesia Next Apps 4.0

Memperebutkan hadiah total Rp 600 juta!

Setelah menyeleksi lebih dari 1.600 developer dari seluruh Indonesia, akhirnya ajang Indonesia Next Apps 4.0 telah mendapatkan jawara terbaru yang terdiri dari 16 developer di empat kategori yang diperlombakan untuk memperebutkan hadiah senilai total Rp 600 juta. Siapa aja?

Ajang INA 4.0 sebenarnya sudah berlangsung sejak 25 Juli sampai 18 September 2017 silam, di mana dari 1.600 lebih peserta yang datang dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, dan Makasar memamerkan inovasinya. Dari periode tersebut, terhimpun sebanyak 976 aplikasi yang masuk perhitungan para dewan juri yang terdiri dari kalangan developer seperti Tommy Dian Pratama, CTO Daily Social; Kevin Kurniawan, COO Dicoding; Narendra Wicaksono, CEO Dicoding, dan Leontinus Alpha Edison, Co-founder & COO Tokopedia. Dari kalangan profesional, ada Rama Mamuaya, CEO Daily Social; Amir Karimudin, Editor in Chief Daily Social; Nico Alyus, CEO OmniVR, dan Hermawan Sutanto, Co-founder & COO Bizzy.

Indonesia Next Apps
Jajaran booth buat mencoba aplikasi karya peserta.

 

Nah, mengingat INA adalah ajang tahunan yang digagas Samsung Electronics Indonesia (SEIN), tentunya kurang afdol jika di kursi dewan juri tidak ada nama dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut, seperti Denny Galant, Heaf of Product Marketing IT & Mobile SEIN; Alfred Boediman, VP Samsung R&D Institute (SRIN); Risman Adnan, Software R&D Director SRIN, dan Andreas W Djiandono, Service Innovation Director SRIN.

Meskipun datang dari berbagai kalangan, para dewan juri  Indonesia Next Apps 4.0 sepakat melakukan penilaian dengan kriteria umum, seperti kesiapgunaan aplikasi, masalah yang bisa diselesaikan, fitur dan kegunaan aplikasi. Hanya saja, pada setiap kategori maupun sub-kategori juga memiliki syarat dan ketentuan berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Indonesia Next Apps
Aplikasi buat VR juga ada lho, canggih!

 

Dari proses penjurian yang panjang, akhirnya para dewan juri menobatkan sebanyak 16 developer dan aplikasi sebagai juara INA 4.0 yang prosesi penobatannya digelar di Jakarta pada Oktober lalu. Berikut ini adalah daftar lengka nama aplikasi dan developer pemenangnya:

1. Kategori Samsung SDK Challenge

Juara 1: Mona – Arrival Sentosa ODT Indonesia (Jakarta)
Juara 2: Kato – Sulistyanto (Jakarta)
Juara 3: Athlest – Ian Rahman Dana (Depok)

2. Kategori VR Challenge

Juara 1: GoSimulator VR – Iki Mazadi, Gerobak Sodor Interactive (Semarang)
Juara 2: Starship Infiltration VR – Lazuardi Ya’qub Affan, Calcatz Studio (Surabaya)
Juara 3: Sky Battle Arena – Widapraponco (Sidoarjo)

3. Tizen Smartphone Challenge

Juara 1: Crazy Cargo – Rudi Sumarsono Wisageni (Jogjakarta)
Juara 2: Kitaria Heroes: Force Bender – Yogie Aditya (Jogjakarta)
Juara 3: Relaxio – Adi Nugroho, Lonely Box (Malang)

Tizen Wearable Challenge

Juara 1: Fishing Go – Frida Uwi, Studio Noobzilla (Jogjakarta)
Juara 2: Snipe n Watch – Gathot Fajar, Creacle (Jogjakarta)
Juara 3: Mucha Gun – Rizal Saputra, Noxtage (Jogjakarta)

Juara Kategori Industry Challenge

Sub Kategori Perbankan dari Bank Rakyat Indonesia
UKM Bersama BRI – Toyo Studio (Bandung)

Sub Kategori Pelayanan Publik dari PT Angkasa Pura II
Skypass – Puja Pramudya (Bandung)

Sub Kategori Tata Kota dari Jakarta Smart City
vMuseum – Davis Ray (Jakarta)

Sub Kategori Properti dari PT Sinarmas Land
CityPoint – Ade Rifaldi (Bandung)

Mengenai kemenangan tersebut, KangHyun Lee, Corporate Affair Vice President SEIN berharap para peserta bisa menyempurnakan ilmu dan hasil karyanya untuk bisa dimanfaatkan bagi masyarakat banyak. “Kami selalu siap membimbing para developer agar nantinya jadi unggul dan mampu menciptakan aplikasi yang berguna bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa event seperti INA 4.0 bisa menjadi stimulus bagi perkembangan ekonomi berbasis media dan komunikasi. Aplikasi dinilainya bisa menjadi unggulan di sektor ekonomi kreatif. “Perekonomian basis ini membutuhkan network, device, dan aplikasi yang solid. Tanpanya ekosistem ini tidak bisa berjalan. Makanya saya sangat mengapresiasi event seperti ini,” ungkapnya.

Dijamin Halal

Oh ya, selain pemenang dari kategori-kategori tersebut, ternyata ada pemenang dengan kategori khusus, yakni kategori pilihan media. Jadi media yang meliput ke event yang digelar di Mid Plaza itu diberikan wewenang untuk memilih salah satu aplikasi favorit.

Sebagai salah satu media yang datang, tentu saja Gizmologi harus mencoba berbagai aplikasi yang dipamerkan di booth Indonesia Next Apps 4.0 yang telah disediakan. Berhubung waktu penyelenggaraan yang terbilang sempit, saya tidak sepenuhnya mencoba semua aplikasi yang ada. Namun, dari sekian banyak aplikasi yang dicoba, ada yang paling menarik perhatian saya, yakni aplikasi Dijamin Halal.

Aplikasi Dijamin Halal merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim Farifam. Bukan cuma karena bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas pemeluk agama Islam, penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Ya, saya cukup mengetik nama makanan atau produk yang diinginkan pada kolom pencarian yang tersedia. Nantinya, keterangan halal produk tersebut tertera. Misalnya saja, mie asal Korea Samyang yang sempat dihebohkan mengandung babi. Begitu saya search nama mie instan ini, ternyata hasilnya sudah halal lho, Gizmolovers!

Indonesia Next Apps
Aplikasi Dijamin Halal, aplikasi pemenang kategori Pilihan Media.

 

Pilihan saya tidak meleset, ternyata dari sekian banyak media yang hadir memfavoritkan aplikasi tersebut sehingga membuatnya jadi pemenang di kategori Pilihan Media. Meskipun berguna, disayangkan sekali aplikasi Dijamin Halal hanya tersedia di OS Tizen yang kurang populer di Indonesia.

Ya, mungkin ada benarnya juga, karena aplikasi sejenis di OS Android sudah banyak. Salah satunya adalah Halal MUI yang diklaim sebagai aplikasi resmi dari LPPOM MUI.

Selamat buat para pemenang Indonesia Next Apps 4.0, semoga selalu semangat untuk selalu berkarya!

 

Tinggalkan komen