Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

UC Browser 12.0 Jawab Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Versi terbaru ini diklaim menjanjikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan cerdas, serta bertujuan menyajikan konten yang lebih variatif kepada pengguna di Indonesia.

1 1.308

Alibaba Group  resmi mengumumkan kehadiran versi terbaru UC Browser 12 yang menjanjikan pengalaman browsing  lebih cepat dan cerdas. Peramban baru ini juga menyajikan konten yang lebih variatif kepada pengguna di Indonesia.

Sebagia informasi, saat ini basis pengguna UC Browser telah berkembang menjadi 40 juta pengguna aktif per bulan di Indonesia. Artinya, 1 dari setiap 7 orang Indonesia menggunakan UC Browser dalam aktifitas mobile mereka. Konten video menjadi perhatian utama UC Browser untuk menggaet lebih banyak pengguna, hal tersebut diharapkan membantu UC Browser untuk bisa terus bersaing di pasar “mobile-first”di Indonesia.

“UC Browser memiliki visi “Content  for Everyone, Every Content for One” yang berarti bahwa kami akan membuat konten yang dapat diakses oleh pengguna terlepas dari situasi jaringan yang berbeda-beda, dan pengguna akan memiliki akses untuk menyusun sendiri laman utama UC Browser mereka dengan konten yang disesuaikan berdasarkan keyword yang sering mereka cari di kolom pencarian maupun di feed berita. Untuk memenuhi permintaan konsumsi konten yang terus bertambah, UC Browser juga didukung dengan teknologi Big Data”, ujar Shallia Li, Kepala Bagian Bisnis Internasional UC Browser, Alibaba Group, dalam jumpa pers di Jakarta (1/2/2018).

Shallia Li Kenji thumb

UC Browser 12.0 juga turut mendukung format video terbaru berkat penggunaan VP9 Codec setelah dalam versi sebelumnya menggunakan VP8. Dibandingkan versi sebelumnya, UC Browser 12.0 mampu menyimpan data mobile hingga 50% namun tetap mempertahankan kualitas video yang sama baik. Kenyamanan pengguna saat melakukan video streaming juga menjadi perhatian versi terbaru browser ini, dengan dukungan teknologi Media Source Extensions (MSE) baru, akan mengoptimalkan pra-pemuatan video di website dan mengubahnya secara otomatis di bawah jaringan yang berbeda-beda.

Selain menyediakan konten yang lebih beragam, UC Browser 12.0 juga hadir dengan teknologi yang lebih canggih dan kinerja yang lebih cepat. Teknologi Big Data di versi terbaru ini berperan penting untuk mengoptimalkan rekomendasi konten dalam feed berita bagi para pengguna dengan tujuan agar pengguna bisa lebih dapat menyesuaikan laman utama mereka sesuai passion masing-masing.

Selain itu, UC Browser 12.0 juga menyertakan protokol Quick UDP Internet Connections (QUIC). Kehadiran QUIC dianggap mampu mengurangi proses buffering saat menonton video dibandingkan dengan TCP. Dengan memanfaatkan VP9, mendukung protokol QUIC dan MSE, pengguna UC Browser 12.0 dijamin dapat menikmati pengalaman menonton video tanpa buffering bahkan pada smartphone dengan RAM sebesar 1GB atau 2GB saja.