Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bing Tambah Kemampuan Visual Search, Tak Perlu Repot Ketik Kata Kunci

0 583

Fotomu adalah kata kuncimu. Dengan mengambil foto obyek yang ingin diketahui, kemampuan baru Visual Search Bing akan menampilkan informasi terkait benda yang dimaksud.

Kemampuan baru Visual Search Bing baru saja diperkenalkan dengan memanfaatkan teknologi visual yang sudah ada di Bing sehingga pengguna dapat menjelajahi web tersebut menggunakan kamera.

Sekarang pengguna bisa mencari, berbelanja dan mengetahui lebih banyak hal tentang dunia melalui foto yang diambil.

Fitur baru Visual Search Bing sudah tersedia bagi pemakai di AS pada aplikasi Bing pada iOS dan Android dan Microsoft Launcher (khusus Android). Kemampuan baru Visual Search Bing juga akan mulai dinikmati oleh pengguna di AS yang menggunakan Microsoft Edge bagi Android dan menyusul bagi konsumen Microsoft Edge untuk iOS dan Bing.com.

Lalu, bagaimana cara teknisnya menikmati Visual Search Bing ini?

Pertama-tama, klik tombol kamera untuk memulainya.

Bing
Tampilan hasil Visual Search yang baru

Sebagai contoh, pemakai melihat obyek khas suatu tempat atau bunga lalu ingin tahu lebih tentang benda-benda tersebut. Cukup ambil fotonya menggunakan salah satu aplikasi yang disebut tadi, atau unggah foto dari kamera pemakainya.

Kemudian, kemampuan baru Visual Search Bing ini akan mengidentifikasikan benda atau bunga tersebut kemudian menyediakan informasi lebih dengan memberikan tautan tambahan untuk mengeksplorasi benda yang ingin diketahui.

Pemakai bahkan bisa berbelanja dari foto untuk dua sektor, yakni fashion dan perabot rumah tangga. Katakanlah, pengguna melihat jaket teman yang disukai tetapi tidak tahu merk dan dimana membelinya. Unggah foto melalui kotak pencarian aplikasi yang disebut di atas lalu Bing akan menampilkan gambar jaket serupa plus harga berikut rincian dimana bisa membelinya.

Kemampuan baru Visual Search Bing ini masih akan terus berinovasi agar bisa bersaing dengan mesin pencari lainnya, seperti Google dan Mozilla Firefox.

Baca juga: Berkenalan dengan Rinna, Chatbot yang Cantik dan Pintar dari Microsoft

“Kami akan bekerja keras dalam beberapa bulan ke depan untuk menambah lebih banyak kemampuan baru Visual Search Bing sehingga masukanmu mengenai fitur ini akan sangat berharga bagi kami,” kata Bing.