Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

5 Tanda Kamu Jadi Korban Catfishing

Berawal dari rayuan gombal bisa berakhir dengan banyak kerugian!

Rayuan gombal di media sosial dari orang yang tidak kamu kenal bikin mabuk kepayang? Hati-hati, bisa jadi kamu merupakan korban dari target catfishing dia.

Sebelum berlanjut lebih panjang tentang tanda-tandanya, Gizmin mau paparin sedikit tentang arti catfishing. Menjadi istilah lain dari ikan lele, catfishing adalah aktivitas penipuan dengan modus menciptakan profil palsu di media sosial atau platform digital lainnya.

Berbeda dengan modus penipuan atau cyberfraud lainnya seperti carding, catfishing menggunakan trik-trik romantis yang membuat korbannya terlena dan akhirnya menuruti apa saja kemauannya, mulai dari menyerahkan harta benda hingga hal-hal lain yang bersifat seksual. Lalu apa sih tanda-tanda dari catfishing?

1. Jatuh Cinta dengan Cepat

Jika ada seseorang di media sosial begitu mudahnya mengaku suka dan jatuh cinta dengan kamu dan langsung membuatmu mengiyakan untuk “in relationship” dengannya, hati-hati ini adalah pertanda utama kamu jadi korban catfishing.

2. Dia Tidak Pernah Menunjukkan Wajah

Ketika dia mengaku serius berhubungan denganmu, tapi tidak pernah mau menunjukkan wajah aslinya, ini tentu sangat aneh bukan? Sebelum berlanjut ke hal yang lebih serius, sebaiknya abaikan saja gombalan dari dia.

3. Jangan Bergaul dengan Teman

Related Posts
1 daripada 308

Dia tidak pernah memposting apapun tentang kegiatannya bersama temannya? Bisa jadi dia adalah akun palsu. Namun, dengan kemampuan memiliki banyak akun, memang bukan jadi jaminan kalau orang yang terlihat bergaul dengan teman-temannya adalah akun asli. Bisa jadi, teman-temannya itu adalah akun dia sendiri.

4. Dia Berani Meminta Sesuatu

Ketika orang-orang terdekatmu sungkan meminjam uang, tapi dia justru melakukannya, pastikan kamu tandai dia sebagai orang yang mencurigakan. Pelaku catfishing biasanya menggunakan modus ini buat menipu korbannya, baik itu alasan karena kebutuhan mendesak, biaya rumah sakit, dan sebagainya.

5. Dia Terlalu Sempurna

Di dunia ini tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan sosok orang di media sosial. Namun, jika dari foto, perbuatan, dan aktivitas dia terlihat begitu sempurna buat dirimu, tapi dia selalu menghindar untuk diajak bertemu, bisa jadi itu adalah akun palsu.

Jadi, itulah sekiranya tanda-tanda dari catfishing yang patut kamu ketahui. Berhati-hatilah untuk jatuh cinta dan terlena dengan orang asing di media sosial.

Oh iya, mau dengar bincang-bincang Gizmin mengenai catfishing? Coba deh dengerin podcast berikut ini, Gizmolovers!

Cinta itu memang butuh pengorbanan, tapi jangan berikan hal itu pada pelaku catfishing ya!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.