Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah 4 Jurus Baru Twitter Hadapi Akun Spam dan Otomatisasi Berbahaya

Selain berita bohong atau hoax, akun sampah jadi salah satu yang membuat kesal. Akun spam di Twitter dan an otomatisasi berbahaya sudah menjadi hal yang sudah lama diketahui oleh para netizen. Tak jarang keberadaan akun seperti ini membuat pengguna malas berlama-lama di platform media sosial ini.

Menyadari banyaknya akun spam di Twitter, perusahaan asal AS baru-baru ini melakukan empat strategi yang diyakini bisa menumpas akun  tipe akun meresahkan tersebut.

Ketahui yuk apa saja ke-4 jurus tersebut di bawah ini:

1. Mengurangi penampakan akun spam di Twitter yang mencurigakan berdasarkan metrik cuitan dan akun

Langkah pertama mengatasi akun spam dan otomatisasi berbahaya di Twitter adalah dengan cara memperbaharui metrik akun secara nyata dan real-time. Sebagai contoh, jumlah follower yang dimiliki sebuah akun, atau jumlah likes atau retweet yang didapatkan sebuah cuitan akan diperbarui secara benar saat Twitter melakukan tindakan pada akun tersebut.

Jadi, jika Twitter memasukkan sebuah akun ke dalam keadaan read-only (di mana akun tidak bisa berinteraksi dengan yang lain atau mencuitkan cuitan) karena sistem Twitter mendeteksi perilaku yang mencurigakan, akun tersebut akan segera dihapus dari jumlah followers dan berbagai keterlibatan sampai lolos pengecekan, seperti konfirmasi nomor telepon.

Twitter juga menampilkan peringatan pada akun read-only ini dan mencegah akun baru untuk mengikuti mereka guna membantu mencegah paparan konten berbahaya yang tidak disengaja.

Jika akun tersebut berhasil melewati sistem pengecekan, jejaknya akan dipulihkan kembali (meskipun bisa memakan waktu beberapa jam).

2. Memperbaiki proses pendaftaran
Related Posts
1 daripada 183

Jurus kedua dalam mengatasi akun spam dan otomatisasi berbahaya di Twitter adalah dengan mempersulit pendaftaran akun spam. Caranya adalah dengan Twitter meminta akun baru untuk mengonfirmasi alamat email atau nomor telepon ketika mereka mendaftar. Ini merupakan perubahan penting untuk melindungi para pengguna dari pelaku-pelaku yang hanya ingin mengambil keuntungan dari keterbukaan platform.

Twitter akan bekerja sama dengan Trust & Safety Council dan lembaga pakar terkait lainya untuk memastikan bahwa perubahan ini tidak akan merugikan seseorang dalam lingkungan yang beresiko tinggi, di mana anonimitas merupakan hal penting. Pembaruan ini akan diluncurkan akhir tahun ini.

3. Mengaudit akun yang ada untuk melihat ada tidaknya tanda pendaftaran otomatis

Taktik berikutnya untuk mengurangi adanya akun spam dan otomatisasi berbahaya di Twitter, yakni dengan melakukan audit untuk mengamankan sejumlah sistem lama yang digunakan untuk membuat akun. Tujuannya adalah untuk memastikan, bahwa setiap akun yang dibuat di Twitter telah melewati beberapa pemeriksaan keamanan otomatis sederhana yang dirancang untuk mencegah pendaftaran otomatis. Perlindungan baru yang telah dikembangkan sebagai hasil dari audit ini telah membantu mencegah lebih dari 5 ribu pendaftaran bersifat spam setiap harinya.

Penampakan akun palsu atau spam. Foto oleh shkspr.mobi

Sebagai hasil dari tindakan ini, beberapa orang mungkin akan melihat jumlah follower mereka menurun – ketika Twitter melakukan pengecekan akun, akun berbahaya tersebut akan disembunyikan sampai sang pemilik akun berbahaya tersebut berhasil melewati proses pengecekan.

Baca juga: Yuk Ketahui 4 Fakta Menarik #Ramadan di Jagat Twitter

4. Perluasan sistem pendeteksian perilaku berbahaya

Twitter mengotomatisasi beberapa proses saat melihat aktivitas akun yang mencurigakan, seperti melakukan cuitan dalam volume tinggi dengan tagar yang sama, atau menggunakan akun yang sama tanpa balasan dari akun yang pengguna mention. Tes ini bervariasi dalam hal intensitas; dan pada tingkat yang sederhana, mungkin akan melibatkan pemilik akun yang menyelesaikan proses reCAPTCHA sederhana atau permintaan pengaturan ulang kata sandi. Kasus yang lebih kompleks secara otomatis dikirimkan ke tim Twitter untuk ditinjau.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: