Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Grab Tingkatkan Akurasi Peta dengan Menambah POI dan Titik Hijau

Pengalaman menggunakan Grab bukanlah saat naik kendaraan mitra pengemudi, tetapi mulai dari pemesanan. Seringkali janjian tidak kunjung ketemu dan malah berakhir pembatalan tentu mengesalkan. Karena titik penjemputan yang berbeda, seperti titik bergeser dari alamat sesungguhnya. Oleh karena itu, Grab meningkatkan akurasi penjemputan dengan menambahkan POI dan titik hijau untuk memudahkan pemesan tumpangan.

Pada awalnya tim pemetaan ini hanya lima orang, tetapi seiring berjalannya waktu bertambah menjadi 90 orang. Tim ini dipimpin oleh Bayu Yanuargi, Regional Operations Lead of South East Asia Maps Ops Grab. Menurut Bayu, kenyamanan perjalanan penumpang merupakan hal utama bagi bisnis perusahaan.

“Penting bagi kami untuk memastikan bahwa para penumpang dan mitra pengemudi kami dapat bertemu di lokasi yang tepat. Kami sadar upaya kami membangun sistem peta Grab dapat memberikan dampak luar biasa dalam membantu para pengguna mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” ucap Bayu.
Baca juga:  Ini 7 Alternatif Aplikasi Transportasi Online Lokal Selain Gojek dan Grab

Akurasi Titik Penjemputan Grab

Saat ini sudah ada 350 ribu titik hijau yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Pertumbuhan ini signifikan jika dibandingkan 5000 titik saja di tahun 2018. Di Indonesia sendiri titik hijau saat ini adalah sekitar 250 ribu atau 75% dari total titik hijau di Asia Tenggara. Sementara itu jumlah POI di Indonesia lebih dari lima juta.

Related Posts
1 daripada 6

Penentuan titik-titik lokasi yang membutuhkan perbaikan atau pembaruan ini berdasarkan masukan dari mitra pengemudi dan penumpang Grab.

Pengembangan peta juga dilakukan untuk menyelenggarakan program pemetaan khusus (Maphaton) untuk mitigasi bencana di Aceh, Bali dan Yogyakarta. Penyelenggaraan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan komunitas OpenStreetMap. Kerja sama antara Grab dan OpenStreetMap juga dilakukan untuk memetakan fasilitas kesehatan di Jakarta Utara pada akhir tahun 2018.

Kini lokasi penjemputan yang merupakan tempat umum seperti mal, stasiun ataupun rumah sakit akan diberikan pilihan titik yang lebih spesifik. Pilihan tersebut bisa berupa nama lobi tempat tersebut, tempat parkir atau pintu sebelah mana.

POI & Titik Hijau Grab
POI & Titik Hijau Grab

Misalnya saat harus pulang tengah malam menunggui pasien dan terpaksa naik dari RS. Carolus, maka akan tampil pilihan Pintu Timur atau Pintu Barat. Tak perlu lagi ribet mengetikkan posisi sebagai catatan ke driver. Pada contoh tersebut RS. Carolus merupakan Point of Interest (POI). Sementara posisi pintu adalah sebagai titik hijau.

Keberadaan titik penjemputan berwaran hijau tentunya akan memudahkan koordinasi antara penumpang dan driver, waktu tunggu pun bisa lebih singkat. Driver juga akan mendapatkan rute yang lebih efisien dengan titik hijau yang akurat.