Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Android Nougat Masih Kalah Ngetop dari Marshmallow dan Lollipop

Masih kalah populernya jumlah pengguna OS Andrid Nougat dikarenakan OS ini hanya meluncur bagi smartphone flagship Android dan kelas premium

Menjelang peluncuran Android O yang masih misterius, Google merilis hasil distribusi varian Android untuk bulan Agustus ini. Hasilnya masih sama dengan bulan lalu, di mana Android Nougat penggunanya masih kalah banyak dari pendahulunya.

Ya, Google mengungkapkan bahwa Nougat versi 7.0 cuma digunakan 12,3% perangkat, sementara 7.1 hanya 1,2%. Jika ditotal secara keseluruhan Android Nougat hanya punya 23,3% pengguna saja. Kenaikan ini diklaim Google hanya 2% dari jumlah pengguna pada bulan lalu.

Android NougatSementara itu, OS Android yang masih merajai jumlah pengguna adalah Marshmallow dengan mengantongi sebanyak 32,3% perangkat yang digunakan. Disusul dengan Lollipop yang mengantong sebanyak 29.2% dengan masing-masing 21,8% untuk versi 5.1 dan 7,4% untuk 5.0.

OS Android lawas seperti KitKat dan Jelly BeSan juga terbilang masih memiliki banyak pengguna, yakni masing-masing 16% dan 7,6% untuk tiga versi yang beredar. Sedangkan Ice Cream Sandwich dan Gingerbread sama-sama memiliki 0,7% pengguna.

Masih kalah populernya jumlah pengguna OS Andrid Nougat dikarenakan OS ini hanya meluncur bagi smartphone flagship Android dan kelas premium. Sedangkan di pasaran sendiri, smartphone berbasis Android yang paling banyak digunakan justru adalah perangkat kelas menengah yang OS bawaannya adalah Marshmallow dan Lollipop.

Related Posts
1 daripada 304

Saat ini Google tengah mempersiapkan Android O yang diklaim membuat perangkat dua kali lebih cepat untuk booting, lebih aman, lebih modular, hemat daya baterai, dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat perangkat lebih canggih. Sayangnya, Google masih belum menyebutkan lebih detil apa fitur-fitur tersebut. Bahkan untuk namaya saja masih dalam inisial. Apakah “O” itu berarti Oatmeal, Octupus, atau malah Oncom?

Nah, mau tahu kan berapa sih jumlah pengguna Google Android saat ini? Kalau berdasarkan video yang dipamerkan di ajang Google I/O 2017 lalu, sekarang sudah ada sebanyak 2 miliar pengguna Android yang aktif setiap bulannya di seluruh dunia. Simak aja deh video berikut ini:

Apakah kamu pengguna perangkat berbasis Android, Gizmolovers? Boleh tahu dong, versi Android apa yang kamu gunakan saat ini?

This post is also available in: enEnglish (English)