Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mencicipi Lezatnya Android Pie Terbaru dengan 5 Fitur Unggulan Ini

Setelah Oreo, Google memilih Pie. Android Pie menjadi pilihan Google sebagai nama resmi dari sistem operasi terbarunya. Platform Android yang kini sudah memasuki versi sembilan ini menawarkan banyak update untuk mengakomodir ruang gerak pengguna ponsel pintar yang kian mendamba kecepatan dan multifungsi.

Software final Android Pie kini telah tersedia pada ponsel pintar Pixel dan Essential Phone per kemarin. Kabar baik bagi Sony, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo dan OnePlus serta yang mempunyai Android One. Google mengatakan perusahaan tersebut, yang kesemuanya ikut serta dalam Android Pie beta berbarengan dengan Essential, akan mengeluarkan update dalam Android Pie sekitar 21 Desember 2018.

Google mengubah desain Android Pie, menambah shotcut yang penting dan memfokuskan lebih banyak hal pada kecerdasan buatan melalui setting yang adaptif.

Singkat kata, Google ingin membuat smartphone lebih personal, efisien dan mudah digunakan. Lalu, update apa saja yang bisa nanti ditemukan dalam Android Pie ini? Simak berikut ini.

Fitur Android Pie

 

Bagi pemakai non Pixel dan Essential Phone, harap bersabar sebab update ke Android P baru akan mulai tersedia akhir tahun ini. Foto oleh 9to5google.com

1. Daya Hidup Baterai Adaptif

Android Pie dirancang memberikan baterai yang lebih konsisten dengan menggunakan mesin pembelajaran on-device untuk menebak aplikasi mana yang akan dipakai dalam beberapa jam ke depan dan mana yang tidak digunakan nantinya.

Dengan 30% pengurangan pada aplikasi CPU wake-up pada aplikasi, baterai yang adaptif membantu pengguna menambah beberapa jam pada ponsel saat ujicoba. Google menggandeng Deep Mind untuk menyegarkan algoritma pembelajaran mendalamnya yang memberikan dampak besar terhadap hidup baterai, ungkap Dave Burke, Wakil Presiden Google untuk Mesin bagi Android.

Baca juga: Duo Samsung Galaxy A6 Melesat dengan Layar Jumbo, Android Oreo

Related Posts
1 daripada 316

2. Kecerahan Adaptif

Setting kecerahan otomatis saat ini kurang bagus, kata Google. Itulah sebabnya produsen ponsel pintar mempunyai cara yang lebih efisien untuk mengkalibrasi kecerahan layar pada ponsel mereka berdasarkan lingkungan dan perilaku pemakai.

Google menyebut update ini sebagai kecerahan adaptif dan mengatakan bahwa 50% orang yang mengikuti ujicoba fitur Android Pie telah berhenti menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar mereka secara manual karena update ini.

3. Aplikasi Aksi

Google memasukkan lebih banyak alat prediksi ke dalam daftar aplikasi. Sebelumnya, pengguna bisa melihat baris aplikasi yang diprediksi akan digunakan, biasanya menurut riwayat penggunaan selama ini. Hal tersebut sudah cukup membantu. Android Pie membantu lebih jauh dari itu dengan aplikasi aksi yang memperkirakan apa yang pengguna lakukan selanjutnya. Akan ada shortcut pada baris kanan di bawah ikon aplikasi yang diprediksi akan digunakan.

4. Fitur Navigasi

Android Pie mempunyai sistem navigasi antar muka agar multi tugas lebih gampang dipahami dengan satu kali pembersihan pada tombol home. Update ini mirip dengan balok horizontal iPhone X untuk menggantikan tombol home dan tombol saat yang kita biasa kita jumpai.

Pengguna bisa menggeser ke atas dari bawah dari arah mana pun dalam sistem operasional Pie untuk melihat aplikasi yang baru saja dibuka serta lima prediksi aplikasi pada bagian bawah layar untuk mengirit waktu. Jika menggeser untuk kali kedua maka kotak pengumpul aplikasi akan terlihat. Dengan gerakan satu-dua geseran ini, Google pada intinya memadukan semua aplikasi dan ruang gerak ringkasan aplikasi menjadi satu.

5. Perbaikan pada Penggeser Volume dan Rotasi Layar

Google mengubah posisi penggeser volume, dan kali ini ditempatkan pada sisi kanan dekat pengeras volume. Dengan menekan tombol volume akan membuat pengguna bisa menyesuaikan volume media ketimbang jika pengguna merasa tidak yakin kapan mengendalikan dering suara. Dering suara bisa dihidupkan dan dimatikan melalui software tombol peralihan saat pemakai menyesuaikan volumenya.