Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Android Mendominasi Penjualan Smartphone di Dunia, Siapakah Juaranya?

Dengan banyaknya vendor yang mengusung smartphone Android, tentu bisa ditebak platform ini menguasai penjualan di dunia.

Tak lain dan tak bukan adalah Samsung, sang juara di peringkat penjualan smartphone terlaris di dunia. Hal ini bisa dilihat dari data yang dipublikasikan Gartner dari hasil analisanya untuk penjualan smartphone kuartal ke-2 tahun ini, April – Juni 2017.

Gartner mencatat saat ini telah terjual sebanyak 366,2 juta smartphone dalam tiga bulan terakhir, di mana sebanyak 87,7% dari jumlah tersebut adalah perangkat yang  berbasis Android dan 12,1% iOS.

Dari data tersebut, Samsung berada di peringkat teratas dengan menguasai pasar sebanyak 22,5% dari kesuksesannya menjual sebanyak 82,5 juta perangkat. Di peringkat kedua ada Apple dengan produk iPhone yang mengantongi penjualan sebanyak 44,3 juta perangkat.

Ikuti survei pembaca berhadiah

Di peringkat ke-3 terdapat Huawei dengan mengantongi penjualan sebanyak 35,6 juta perangkat (9,8%), disusul Oppo 26 juta unit (7,1%), dan Vivo 24,3 juta unit (6,6%). Dengan begitu, bisa dibilang vendor asal China paling mendominasi daftar tersebut.

Dari sisi jumlah, Gartner mengungkapkan bahwa perangkat kelas menengah yang berada di kisaran US$ 150 hingga US$ 200 atau sekitar Rp 1,5 hingga Rp 2 jutaan menjadi yang paling banyak dibeli, terutama yang sudah mendukung koneksi 4G. Dalam periode tersebut, penjualan smartphone di dunia mengalami kenaikan 7,6% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Di tengah trennnya penggunaan layar OLED dan memori flash pada perangkat smartphone premium, Anshul Gupta, Direktur Riset Gartner memprediksi para produsen akan mengalami kekurangan stok sehingga membuat pasokan perangkat premium yang diproduksi dengan material tersebut akan mandek.

“Kami telah melihat fenomena ini pada Huawei P10 yang kekurangan stok memori flash. Sementara untuk brand seperti HTC, LG, dan Sony terjebak di antara merek-merek China yang agresif dan pangsa pasar perangkat premium yang dikuasai Samsung dan Apple,” ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Google telah merilis OS Android yang paling banyak digunakan dalam perangkat smartphone. Dalam datanya itu, disebutkan bahwa OS Android Marshmallow masih mendominasi penggunaan dibandingkan versi Android lainnya, sekalipun yang terbaru: Nougat.

Nah, kamu sendiri menggunakan smartphone berbasis platform apa, Gizmolovers?

 

This post is also available in: enEnglish (English)

%d blogger menyukai ini: