Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Apple Patenkan Teknologi Layar Lipat untuk iPhone Terbaru

Kelak iPhone "bengkok" bukan lagi aib bagi Apple.

Tren smartphone dengan layar lipat tampaknya menjadi penyegaran tersendiri di pasar smartphone. Tidak mau ketinggalan dari tren ini, Apple juga menyiapkan iPhone yang mengusung konsep layar lipat.

Sebagai ancang-ancang, Apple memilih untuk lebih dulu mematenkan layar lipatnya sebelum meluncurkan iPhone dengan teknologi ini. Hal ini seperti diberitakan Gizchina, Kamis (30/5/2019) yang menyebutkan bahwa vendor Cupertino itu telah mendaftarkan paten untuk layar dan pelindung permukaan layar yang memungkinkan perangkat bisa dilipat di area spesifik seperti engsel yang digunakan pada Samsung Galaxy Fold.

Demi menghindari kesalahan Samsung yang sampai mengundurka jadwa peluncuran Galaxy Fold, Apple mengadopsi lapisan pelindung yang berada di permukaan layar. Kabarnya, lapisan ini terbuat dari material keramik seperti gelas, bahkan safir yang kuat.

Layar lipat iPhone

Related Posts
1 daripada 380

Seperti gambar di atas, nantinya perangkat iPhone bisa dilipat ke bagian dalam. Hanya saja pada bagian 4A tidak dijelaskan apa maksud dari konsep lipatan yang menyerupai huruf “G” tersebut. Kemungkinan, pada bagian ini merupakan perangkat yang berbeda atau mungkin kelak memang iPhone bisa dilipat hingga tiga lipatan.

Apple dikabarkan memang tidak ingin terburu-buru meluncurkan iPhone dengan layar lipat. Produk ini paling cepat akan diluncurkan tahun 2020. Sepertinya vendor ini sangat berhati-hati meluncurkan smartphone layar lipat.

Harusnya keputusan Apple jadi sesuatu yang bagus, karena teknologi ini memiliki jalan yang masih panjang untuk dibuktikan kelaikannya. Samsung sendiri telah membuktikan bahwa Galaxy Fold belum benar-benar siap untuk beredar secara layak di pasaran.

Apakah dengan begitu smartphone layar lipat akan jadi tren? Kita lihat saja nanti, Gizmolovers!