Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Arofly, Pengukur Tenaga Pesepeda yang Pintar dan Terjangkau

Olahraga bersepeda kini semakin bisa dipantau dengan pengukur tenaga yang mudah digunakan dan terjangkau, yaitu Arofly. Perangkat ini menggabungkan kenyamanan dan kecerdasan pada latihan kamu. Pengukur tenaga bersepeda adalah peranti pengukur yang mengukur tenaga yang dikeluarkan oleh pengendara sepeda.

Alat pengukur memberitahukan pada pengendara mengenai tekanan kayuhan pedal dan mengukur keluaran yang aktual melalui aplikasi atau komputer pada sepeda. Dengan demikian dapat membantu pengendara untuk melakukan kinerja yang lebih baik demi meningkatkan jarak, dan tahu saat untuk beristirahat. Sayangnya sebagian besar pengukur tenaga di pasaran saat ini mahal. Kisaran harganya antara US$400 sampai US$1.000 atau sekitar Rp5,6 juta sampai Rp14 juta, jadi tak terjangkau semua orang.

AroFly, Pengukur Tenaga Pesepeda
AroFly, Pengukur Tenaga Pesepeda

Pengukur tenaga akan memberitahukan seberapa besar kerja yang dilakukan dan detak jantung memberitahu cara tubuh merespon kerja tersebut. Jika hanya menggunakan detak jantung saja sering kali menyesatkan. Detak jantung bisa tinggi atau rendah akibat faktur luar seperti mengkonsumsi kafein, kurang tidur atau cuaca. Tenaga independen dari faktor-faktor lain, jadi dapat menginformasikan dengan tepat kekuatan kaki yang diinjakkan pada sepeda.

AroFly, Pengukur Tenaga Pesepeda
AroFly, Pengukur Tenaga Pesepeda

Desain pengukur tenaga ini unik, yang merupakan inovasi baru dari Dynamic Pressure Technology. Perangkat ini mudah digunakan dan ringan. Keistimewaan dari Arofly adalah ukurannya yang kecil sebesar tutup botol dengan bobot masing-masing 10 gram dan panjang 2 cm.

Alih-alih menggunakan pengukur regangan, pembuat Arofly mengembangkan generasi baru pengukur tenaga dengan teknologi variasi tekanan dinamis. Dengan demikian pengukur tenaga tersebut mudah digunakan, ringan dan lebih terjangkau.

Aplikasi Arofly
Aplikasi Arofly

Pengukur regangan mengitung tenaga dengan mengukur torsi dan kecepatan sudut. Peranti pengukuran tersebut biasanya digunakan oleh kebanyakan pengukur tenaga di pasaran, seperti Chainring, Crank, Pedal dan Hub. Pemasangannya harus dilakukan pada sistem transmisi untuk mendeteksi posisi titik gaya.

Sementara Arofly mengukur kondisi jalan dan variasi tekanan ban. Informasi pada perangkat tersebut diproses dengan algoritma, demikian juga data dari sensor tenaga dan irama. Pesepeda pun mendapatkan statistik mengenai perjalanan mereka dengan segera. Statistik tersebut dapat ditinjau dan disimpan pada aplikasi Arofly dan Cloud.

Algoritma Informasi
Algoritma Informasi
Related Posts
1 daripada 278
Aplikasi Link, X-Elite dan Cloud
Aplikasi Link, X-Elite dan Cloud

Cara Menggunakan Arofly Link

Arofly Link
Arofly Link

Jika sudah memiliki komputer sepeda merk lain, maka bisa memilih Arofly Link, langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Longgarkan baut pada pentil dan putar sensor tenaga sampai terpasang.
  2. Pasang sensor irama pada engkol kiri, paling baik ditempatkan di dalam engkol kiri. Bingkai dan engkol harus berjarak lebih dari 10,5 mm untuk memastikan pemasangan yang layak.
  3. Pasang LINK dengan sensor tenaga dan sensor irama
  4. Hubungkan LINK ke komputer sepeda GPS pribadi melalui Bluetooth atau ANT+
  5. Gunakan aplikasi Arofly ketika berkendara untuk mensinkronisasi dan meninjau data

Cara Menggunakan Arofly X-Elite

Arofly X-elite
Arofly X-Elite

Jika tidak memiliki komputer sepeda, maka gunakan Arofly X-Elite, langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Longgarkan baut pada pentil ban dan putar sensor tenaga sampai terpasang kuat
  2. Pasang sensor irama pada engkol kiri, posisi terbaik adalah di dalam engkol kiri
  3. Pasang komputer sepeda X-Elite pada setang sepeda. Lengkapi seluruh pengaturan yang dibutuhkan sebelum bersepeda
  4. Masukkan file rekaman dari X-Elite ke App. Tinjau data bersepeda pada smartphone kamu
Komputer Sepeda GPS X-Elite
Komputer Sepeda GPS X-Elite

Bagi yang berminat, bisa mendukung proyek Arofly ini di Kickstarter.