Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Asia IoT Business Platform Dukung Industri di Indonesia

Perusahaan telekomunikasi seperti Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo telah memainkan peranan penting dalam mendorong IoT dan ekosistem digital di Indonesia. Hal ini diungkapkan pada ajang Asia IoT Business Platform yang diselenggarakan di Jakarta (28/8/2019).

Asia IoT Business Platform adalah platform industri yang dinamis, yang relevan di era saat ini. Di mana transformasi digital sangat penting bagi bisnis di berbagai sektor. Internet of Things (IoT) memainkan peran penting dalam banyak inisiatif transformasi digital.

Menurut Joddy Hernady, SVP – EGM Digital Service Division, Telkom Indonesia, pihaknya telah menyadari pentingnya transformasi digital di Indonesia. Telkom telah mengambil langkah proaktif untuk melakukan transformasi secara internal serta membantu perusahaan-perusahaan lokal mengejar transformasi digital dan proyek IoT.

“Telkom akan terus memainkan peranan aktif dalam mendukung inisiatif kunci pemerintah termasuk Indonesia 4.0, smart city, dan penciptaan ekonomi digital,” kata Joddy.

Related Posts
1 daripada 10

Baca juga: Hemat BBM, Telkomsel Gunakan Teknologi Berbasis IoT

Sementara itu Indosat Ooredoo Business di ajang Asia IoT Business Platform menghadirkan berbagai solusi seperti manajemen armada NEXTfleet, Smart Manufacturing & Supply Chain Management, dan Point of Sales terintegrasi. Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Intan Abdams Katoppo, menegaskan hal ini sejalan dengan strategi LEAD perusahaan, dimana salah satunya adalah akselerasi B2B melalui pengembangan solusi bisnis berbasis IoT. Sehingga Indosat Ooredoo merasa perlu turut berpartisipasi pada konferensi Asia IoT Business Platform ini.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah mewujudkan roadmap digital di Indonesia dengan melakukan transformasi digital di semua sektor baik itu pemerintah, pelaku industri, maupun universitas. Kami berharap, dengan kerja sama semua pihak, Making Indonesia 4.0 segera bisa terwujud,” ujar Intan.

Ia menambahkan, implementasi IoT di area transportasi dan logistik, industry 4.0, dan smart city akan mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi dan para akhirnya menciptakan masyarakat yang lebih baik. “Untuk mengakselerasi IoT dan transformasi digital di Indonesia, Indosat Ooredoo telah secara aktif bekerjasama dengan berbagai universitas untuk menciptakan dan mempercepat implementasi, serta menciptakan solusi yang sangat relevan di pasar,” ujarnya.