Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dipersenjatai Snapdragon 835, Asus Zenfone 4 Pro Jadi Smartphone Pertama dengan Gigabit LTE dan Wi-Fi 802.11ad Multi-gigabit

Asus melakukan gebrakan dengan selangkah lebih maju dibanding kompetitor. Setelah tidak lagi memakai prosesor Intel, produsen smartphone asal Taiwan tersebut makin mesra dengan Qualcomm. Kini, mereka dipercaya memakai Qualcomm Snapdragon 835 untuk produk flagship Asus Zenfone 4 Pro.

Namun bukan penggunaan platform terbaru dari Qualcomm tersebut yang menjadi perhatian. Melainkan  ASUS ZenFone 4 Pro menjadi ponsel pintar komersial pertama di dunia yang mendukung teknologi Gigabit LTE dan Wi-Fi 802.11ad multi-gigabit. ASUS ZenFone 4 Pro diklaim akan memberikan konektivitas gigabit super cepat yang tak kasat mata, baik di dalam ruangan maupun di perjalanan.

Terintegrasi dalam Qualcomm Snapdragon 835 Mobile Platform, modem Snapdragon X16 Gigabit LTE memberikan Asus ZenFone 4 Pro kemampuan untuk mengunduh dengan kecepatan tinggi di jaringan 4G LTE maupun jaringan LTE lain yang kompatibel. Karena telah mendukung LTE Advanced Cat 12 dengan 3-channel carrier aggreation untuk kecepatan download hingga 600 Mbps. Konektivitas ini mendapat dukungan dari teknologi antena ganda Qualcomm TruSignal untuk menangkap cakupan sinyal yang lebih luas.

Sementara itu, koneksi Wi-Fi 11ad dari Qualcomm Technologies memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan membagikan video 4K dalam hitungan detik serta mampu menyinkronisasi foto, video, dan file lain yang ada di awan sekejap saja.

Selain itu, ketika pengguna menghubungkan ponsel pintar dengan perangkat lain seperti laptop, fitur Wi-Fi hotspot dari Snapdragon Mobile Platform dirancang untuk memberikan kecepatan Gigabit LTE nirkabel yang sama bahkan di tempat ramai sekalipun, seperti bandara.

Related Posts
1 daripada 284

Sama seperti standar 5GNR yang akan datang, 11ad memanfaatkan spektrum mmWave (dalam hal ini band 60Ghz) yang memiliki kapasitas untuk membawa data dalam jumlah besar sehingga dapat melengkapi jaringan selular dan Wi-Fi yang ada.

Pengguna Asus ZenFone 4 Pro juga akan menikmati konektivitas Wi-Fi yang kuat berkat integrasi dari teknologi 802.11ac 2×2 MU- MIMO yang menawarkan throughput dua kali lebih banyak dibanding 1×1 Wi-Fi. Juga meningkatkan cakupan untuk menangkap sinyal, khususnya dalam bangunan yang dikelilingi dinding bata dan beton.

Tak hanya memanfaatkan kemampuan konektivitas gigabit yang belum pernah ada sebelumnya, Asus ZenFone Pro 4 juga mengambil keuntungan dari Qualcomm Spectra 180 Image Signal Processor (ISP) yang mampu mendukung 14-bit image signal processing ganda dan Graphics Processing Unit (GPU) Qualcomm Adreno 540. Hal ini dipercaya meningkatkan pengalaman pencitraan di ponsel pintar dan memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman visual 360 derajat yang imersif.

Terlebih dengan penggunaan IMX362 yang merupakan sensor gambar flagship dari Sony, di atas kertas kemampuan kamera Asus Zenfone 4 Pro akan istimewa. Sanggup bersaing dengan fitur kamera dari ponsel premium global lainnya. Dan tentu saja berbeda secara signifikan dibanding smartphone yang masih satu keluarga yaitu Zenfone 4 Max Pro yang kualitas fotografinya kurang memuaskan meski memiliki Dual Camera.

Secara teknis, Asus Zenfone 4 Pro memakai Dual Camera dengan aperture F/1.7, OIS dan ukuran pixel 1.12µm yang cukup besar. Ponsel ini mendukung 10x total zoom dimana optical zoom-nya sebesar 2x. Ini juga merupakan ponsel pertama yang tiga lensanya memakai sensor high-end Sony. Sensor satunya lagi di bagian depan untuk selfie mendukung fast phate detection auto focus. Serta didukung dengan ASUS SuperPixel Engine untuk memastikan foto 8x lebih cerah di kondisi minim cahaya.

Sayangnya, belum ada kabar ponsel flagship ASUS tersebut akan mendarat di Indonesia. Semoga dalam waktu dekat, kita bisa mencicipinya. Sehingga pertarungan ponsel flagship semakin seru. Melihat spesifikasinya yang tergolong sangat tinggi, bisa jadi Asus Zenfone 4 Pro akan dibanderol di atas IDR 8 juta.

This post is also available in: enEnglish (English)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: