Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

DJI Undang Robot Mania Bertarung di RoboMaster Competitions Musim ke-5

DJI melalui RoboMaster 2019 Robotics Competition mengundang para mahasiswa dan siswa yang doyan mengutak-atik robot untuk berkompetisi. Memasuki musim ke-5 nya, DJI RoboMaster Competitions menyediakan hadiah lebih dari US$100 ribu atau lebih dari Rp1,5 miliar secara tunai.

DJI RoboMaster Competitions musim ini membuka kesempatan bagi pelajar di seluruh dunia untuk ikut ambil bagian beradu gagasan dan inovasi berbasis teknologi robot.

“Apa yang unik dari kompetisi RoboMaster adalah benar-benar soal pengalaman yang dirasakan oleh peserta melewati sembilan bulan mereka mengetes kerja tim, penyelesaian masalah secara konstan dan mengetes teori yang selama ini mereka ketahui,” kata Roger Luo, Presiden pada DJI.

Roger, sebagaimana ditulis oleh dronelife.com, menambahkan, “Kompetisi ini merupakan platform bagus bagi insinyur muda untuk memperagakan keahlian dan memamerkan robot secara menghibur dan mengajak (penonton untuk berinteraksi). Lebih penting lagi, apa yang mereka pelajari hari ini bisa suatu saat nanti dapat berguna untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata dan membawa solusi untuk perubahan positif di dunia.”

Pada Juli 2018, tim dari South China University of Technology membawa pulang hadiah utama usai menyingkirkan hampir 200 tim lainnya yang terdiri dari 10 ribu insinyur.

Kompetisi RoboMaster 2018. Foto oleh dronedj.com
Suasana kompetisi RoboMaster 2018. Foto oleh dronedj.com

Wenhui Chen, kapten tim dari South China University of Technology, mengatakan timnya merasakan pengalaman yang berharga selama sembilan bulan mengikuti kompetisi tersebut.

“RoboMaster memberikan kami kesempatan mempraktekkan teori, bermain dengan teknologi dan menciptakan sesuatu yang nyata,” kata Wenhui.

Baca juga: Tim South China University of Technology Sabet Juara I Kompetisi RoboMaster 2018

Bagi yang tertarik bergabung dalam DJI RoboMaster Competitions musim ini, pembukaan bagi tim dari Dataran Tiongkok sudah dibuka sejak 20 September dan akan berakhir 31 Oktober 2018. Sedangkan tim dari Hong Kong, Makau, Taiwan dan luar negeri bisa mendaftar sejak 20 September hingga 16 November 2018 mendatang. Babak final akan dilangsungkan pada Agustus 2019 dengan 32 tim terbaik akan bertarung di turnamen final DJI RoboMaster Competitions musim ini.

Shenzen, sebagai rumah dari DJI, akan menjadi tuan rumah partai final DJI RoboMaster Competitions ini. Tim terbaik berhak atas hadiah US$75 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar, lalu runner-up akan dihadiahi US$45 ribu atau sekitar Rp679 jutaan dan tim yang ada di posisi ke-3 layak memperoleh US$15 ribu atau setara Rp226 jutaan.