Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mobile Premier League Salurkan Donasi Para Pemain eSports se-Indonesia

Bermain game bukan hanya soal ketangkasan, tetapi juga kepedulian. Pesan ini yang tersirat dari kampanye donasi MPL yang diadakan oleh platform eSports Mobile Premier League yang melibatkan seluruh pemain se-Indonesia.

MPL bersama para gamers berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 614.372.500,00 selama bulan Ramadan dan menyumbangkannya untuk empat organisasi sosial di Indonesia. Penggunaan donasi MPL pun berbeda-beda, mulai dari pengadaan toilet bersih hingga bantuan prasarana sekolah untuk tahun ajaran baru.

Joseph Wadakethalakal, CEO MPL Indonesia, menegaskan maksud tersebut. Ia mengatakan dengan kolaborasi antara MPL dan para pemain game ini berhasil membuktikan bahwa eSports tidak hanya mengenai olahraga dan adu ketangkasan, tetapi juga bagaimana berperan penting untuk perkembangan sekitar kita di luar dunia gaming.

Nilai donasi MPL diambil dari 10% dari total perolehan Berlian para pemain dalam turnamen MPL selama Bulan Berkah Ramadan, dan 1 Berlian dianggap setara dengan 100 Rupiah. MPL memberikan donasi tanpa mengurangi Berlian yang dimiliki pemain sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme terhadap gerakan ini. Seluruh donasi Bulan Berkah Ramadan telah selesai diserahkan kepada semua organisasi pada 19 Juni 2019.

Baca juga: Seru! Bermain Game Arcade di MPL Bisa Dapat Saldo Gopay

Cara Kreatif Donasi MPL Ajak Gamers Berbagi dengan Sesama

Game MPL IndonesiaAjakan MPL kepada para pegiat eSports dan gamers merupakan salah satu contoh cara kreatif menunjukkan kepedulian sosial. Selain tak mengubah keasyikan bermain game, MPL juga memberikan wadah donasi yang dekat dengan komunitas gamers serta menjangkau masyarakat awam secara luas.

Kegiatan donasi tersebut adalah bagian dari program Bulan Berkah Ramadan, di mana MPL bekerja sama dengan empat organisasi sosial non-profit di Indonesia, yaitu Biji-biji Bantar Gebang, Komunitas 1000 Guru, Komunitas Jendela Jakarta, dan Yayasan Sahabat Anak. Organisasi-organisasi ini berfokus di bidang pendidikan, pemberdayaan serta pertumbuhan kesejahteraan generasi penerus bangsa.

Related Posts
1 daripada 5

Para anggota keempat komunitas sosial penerima donasi pun memberikan apresiasi yang unik dengan bantuan yang mereka terima. Salah satunya adalah acara Make Music Day yang diadakan Biji-biji Bantar Gebang (BGBJ). Make Music Day membawa pesan penting bahwa anak-anak Bantar Gebang yang erat kaitannya dengan sampah pun memiliki segudang talenta.

BGBJ juga akan menggunakan donasi MPL untuk membangun toilet bersih, meningkatkan dukungan sarana untuk para relawan, mengadakan koneksi internet untuk aktivitas belajar mengajar, membeli buku dan alat tulis untuk digunakan anak-anak warga sekitar mamasuki tahun ajaran baru.

Sementara itu Yayasan Sahabat Anak akan memfokuskan donasi untuk pembiayaan dan pemberian bantuan bagi anak-anak marjinal dan anak-anak jalanan. Di lain pihak, Komunitas 1000 Guru mendapat dukungan bagi program pengajarannya di 14 cabang komunitas regionalnya, mulai dari penambahan sarana pengajaran hingga bantuan bagi anak-anak setempat.

Komunitas Jendela Jakarta memprioritaskan pembenahan rumah komunitas mereka serta memperkaya koleksi perpustakaan yang bisa diakses oleh warga sekitarnya untuk memajukan pendidikan serta pengetahuan umum anak-anaknya.

Jumlah donasi MPL yang diterima masing-masing organisasi non-profit bervariasi sesuai pengumpulan dari permainan di setiap pekan, dengan rincian sebagai berikut:

– 8 – 14 Mei 2019 terkumpul Rp240.028.600,00 untuk Yayasan Sahabat Anak

– 15 – 21 Mei 2019 terkumpul Rp123.390.200,00 untuk Biji-biji Bantar Gebang

– 22 – 28 Mei 2019 terkumpul Rp158.367.900,00 untuk Komunitas 1000 Guru

– 29 Mei – 4 Juni 2019 terkumpul Rp90.585.800,00 untuk Komunitas Jendela Jakarta