Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hore! JD Berhasil Uji Coba Drone Komersial Pertama di Indonesia

Drone tersebut mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa di Parung Panjang, Bogor. Pemanfaatan drone bisa menjadi alternatif pengiriman logistik yang efisien.

Pesawat tanpa awak alias drone  bukan sekadar untuk bikin konten foto atau video aerial saja. Tetapi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Termasuk mendukung aktivitas jual beli online seperti yang dilakukan JD. Situs belanja terkemuka ini baru saja melaporkan telah berhasil melakukan uji coba drone komersial JD untuk pertama kalinya di Indonesia.

Penerbangan drone komersial JD yang dimanfaatkan untuk untuk pengiriman barang ini dianggap menjadi terobosan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga tingkat Asia Tenggara. Uji coba berlangsung pada 8 Januari 2019 lalu, di kawasan Jawa Barat, Indonesia.

Rute terbang drone komersial JD tersebut dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles dengan tujuan mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa. Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi peralatan sekolah yang lebih besar dari JD.com ke sekolah tersebut.

JD.com adalah salah satu situs belanja terbesar di China yang punya afiliasi juga dengan situs e-dagang JD.ID yang beroperasi di Indonesia.  Dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, penerapan drone bisa menjadi alternatif pengiriman logistik yang efisien.

Situs belanja daring ini menargetkan untuk dapat dapat mengirimkan 85% pesanan pada hari yang sama atau keesokan harinya. Sebagai catatan, JD.ID saat ini memiliki lebih dari 1 juta SKU dan melayani lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh Indonesia. JD.ID memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di nusantara yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan.

Uji coba drone komersial JD di Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor

CEO JD.ID, Zhang Li, mengaku senang karena JD.ID bisa menjadi bagian dari  momentum uji terbang drone untuk pertama kalinya di Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan swasta. “Hal ini menjadi satu bukti kepeloporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang e-dagang dan juga perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia, yang sejalan dengan salah satu misi kami, Advancing Indonesia,” kata  Zhang Li, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi.ID di Jakarta (22/1/2019).

Dalam uji coba terbang drone komersial JD tersebut, hadir perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Air Navigation atau AirNav Indonesia).

Pemanfaatan drone komersial JD untuk layanan logistik

Related Posts
1 daripada 238

JD.com, yang merupakan saingan terbesar Alibaba, telah menerbangkan drone selama lebih dari dua tahun di Cina. Bukan hanya drone, belum lama ini mereka juga memperoleh lisensi pengoperasian teknologi tanpa manusia di tingkat regional, termasuk truk yang beroperasi sendiri, gudang otomatis, dan toko tak berawak. Di Indonesia pun, kita bisa mencoba pengalaman berbelanja di toko JD.ID yang berbasis AI.
Baca juga: JD.ID X Hadirkan Pengalaman Berbelanja Berbasis Artificial Intelligence (AI) Pertama di Indonesia

Nah, untuk inisiatif penerapan teknologi drone di Indonesia muncul di bulan November di tahun 2017. Saat itu JD.com dan JD.ID bersama-sama mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan AirNav untuk mengadakan penerbangan uji coba teknologi drone untuk layanan logistik yang lebih maju.

Inisiatif ini mendapatkan sambutan hangatyang dilanjutkan dengan diskusi dan berbagai kepengurusan perizinan yang dibutuhkan sepanjang tahun 2018. Persiapan penerbangan uji coba kemudian dilanjutkan dengan diskusi teknis bersama Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan TNI AU pada akhir tahun 2018.

Kemudian, diadakanlah penerbangan uji coba drone resmi pertama di Indonesia oleh JD.com pada 8 Januari 2019 di MIS Nurul Falah Leles, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Di tataran global, JD.com adalah mitra strategis “World Economic Forum (WEF)” dan mitra “Centre for the Fourth Industrial Revolution (C4IR)”. C4IR adalah pusat global untuk kerja sama berbagai pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerangka kerja kebijakan dan memajukan kolaborasi yang mempercepat pemanfaatan sains dan teknologi. Memanfaatkan teknologi drone untuk mengirimkan pasokan ke daerah-daerah yang membutuhkan adalah prioritas utama dalam agenda C4IR.

Timothy Reuter, Kepala Drones and Tomorrow’s Airspace,  pada Pertemuan Tahunan “World Economic Forum (WEF)” tahun 2019 mengatakan bahwa uji coba pengiriman drone pertama yang disetujui pemerintah menjadi momentum bagi Indonesia.

“Ini adalah peluang Indonesia untuk menjadi pemimpin di kawasan Asia Tenggara dalam memanfaatkan pengiriman drone untuk meningkatkan akses ke peralatan medis, kemanusiaan, dan produk-produk komersil yang penting di daerah terpencil,” ujarTimothy.

Untuk mengetahui seperti apa uji coba drone komersial JD di Indonesia, silahkan tonton tayangan di bawah ini

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More