Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

E-Motor Portabel CLIP Siap Transformasi Sepeda Jadi E-Bike

Bersepeda setiap pagi ke tempat kerja merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi kemacetan. Namun banyak yang urung bersepeda ke kantor karena tak ingin datang ke rapat pagi dengan penuh keringat. Nah, E-Motor Portabel CLIP dirancang untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga kamu bisa memilih bersepeda sebagai sarana transportasi setiap waktu.

Pencetus E-Motor Portabel CLIP adalah Somnath Ray yang besar di Delhi, India, salah satu kota paling berpolusi dan padat di dunia. Pada usia 20an, dia bergabung dengan kelompok Smart Cities di MIT Media Lab untuk belajar dan mengerjakan masa depan Urban Mobility. Sejak itu dia pun mengerjakan berbagai proyek yang berkaitan dengan mobilititas, mulai dari mobil lipat yang rumit sampai solusi berbiaya sangat rendah, yaitu sepeda roda tiga untuk orang cacat.

Sementara itu COO CLIP, Clément de Alcala telah menghabiskan sepuluh tahun terakhir menerapkan solusi teknologi tinggi untuk mengatasi berbagai tantangan sosial dan lingkungan di seluruh dunia. Bagi Alcala adopsi inovasi yang paling berhasil adalah yang selangkah lebih jauh dalam menyingkirkan keengganan dan menggantinya dengan pengalaman menyenangkan.
Baca juga: Asyik! Kita Bisa Coba Sepeda Pintar Berbasis 4G+  & IoT di Universitas Indonesia

E-Motor Portabel CLIP
E-Motor Portabel CLIP

Inovasi E-Motor Portabel CLIP

Related Posts
1 daripada 313

Sepeda unik ini dirancang untuk meningkatkan platform mobilitas kota yang paling efisien, bersih dan ada di mana-mana, yaitu sepeda. Mereka ingin meningkatkan adopsi penggunaan sepeda dan mengurangi polusi karbon secara drastic di kota. Sekaligus membuat perjalanan bersepeda menjadi lebih mudah.

E-Motor Portabel CLIP dirancang untuk mengurangi tenaga saat mengayuh sepeda dengan cara memasang alat tersebut ke segala sepeda. Perangkat ini akan memberikan dorongan tambahan ketika menghadapi tanjakan bukit atau regangan terakhir dari perjalanan panjang.

Bobot perangkat ini ringan, sehingga bisa digabung dengan segala barang lain di tas dan kompatibel untuk sepeda bersama atau pun sepeda pribadi. Ketika telah tiba di tempat tujuan, alat ini bisa dilepas dari sepeda, dan dibawa bersama, lalu diisi ulang dayanya dengan cepat untuk perjalanan pulang.

MVP
MVP

Tujuan para pencipta CLIP menggelar penggalangan dana di Kickstarter bukan hanya untuk menyelesaikan pembuatan MVP (Minimum Viable Product), tetapi juga menumbuhkan komunitas yang menghadirkan CLIP ke seluruh dunia. Di awal akan dibuat tak lebih dari 50 CLIP. Hal ini untuk memastikan CLIP bisa dikirim dengan sukses sesuai anggaran untuk Pre-DFM (Designed for Manufacturing atau dirancang untuk dipabrikasi). Sementara itu mereka akan terus meningkatkan desain yang dibutuhkan demi meningkatkan kenyamanan agar orang mau memakai CLIP setiap hari.

Purwarupa versi Alpha telah berhasil diuji coba pada beberapa sepeda, dan MVP akan kompatibel untuk hampir segala jenis sepeda. Perangkat ini pertama kali dirancang pada Maret 2018 yang berpusat di New Lab di Brooklyn. Selama setahun terakhir, purwarupa Alpha, dirancang, dibuat dan diuji, lalu terpilih dalam Furureworks NTW. Kemudian perangkat tersebut diajukan ke Presiden Meksiko sebagai salah satu finalis FIA Smart Cities Challenge.