Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Fujitsu Indonesia Gandeng Synnex Metrodata untuk Ekspansi Bisnis ke Sektor Solusi IT UKM

Tumbuhnya sektor usaha kecil dan menengah belakangan ini membuat produsen notebook dan perangkat IT asal Jepang, Fujitsu Indonesia, serius melirik sektor ini. Ekspansi bisnis Fujitsu Indonesia ke sektor ini pun resmi dicanangkan hari ini, Rabu (1/8/2018) dengan menggandeng mitra setianya, PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI).

Bertempat di salah satu hotel di Jakarta Barat, kedua belah pihak menandatangani nota kesepahaman yang menandai ekspansi bisnis Fujitsu Indonesia di tanah air. Tak lagi hanya laptop dan desktop, SMI akan mulai memasarkan produk unggulan Fujitsu melalui jaringan distribusinya untuk kalangan UKM.

Dalam kerjasama untuk ekspansi bisnis Fujitsu Indonesia ini, SMI sebagai distributor resmi produk Fujitsu Indonesia sejak 2011, akan memasarkan tiga produk andalan bisnis untuk kelas usaha atau enterprise. Ketiga jenis produk tersebut adalah Fujitsu Server, Fujitsu Storage dan Fujitsu Solution.

“Dengan portofolio produk yang dimiliki Fujitsu, kami optimis dapat memperluas pilihan business partner melalui ragam pilihan produk dan solusi, memperluas bisnis serta memberikan end-to-end solution bagi business partner yang disiapkan oleh SMI sebagai distributor, khususnya dalam lini bisnis komersial,” kata Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia.

Agus mengatakan sektor UKM memberikan tantangan tersendiri baginya sebab ada puluhan ribu UKM sebagai calon konsumen yang  membuat kantornya harus menggandeng mitra lain.

“Maka dari itu kita ajak Fujitsu ke partner yang sudah kita miliki,” katanya.

Ia menambahkan UKM merupakan sektor yang mencatat pertumbuhan besar sebab makin banyak UKM yang kini memerlukan komputer untuk bisnis mereka.

Dua mitra bisnis ini sepakat menghadirkan inovasi produk komersial, khususnya bagi sektor UKM

Dalam kerjasama ekspansi bisnis Fujitsu Indonesia ini, kedua perusahaan akan menawarkan keuntungan bagi para konsumen, mitra bisnis atas produk dan solusi yang ditawarkan, di antaranya dapat mengurangi biaya infrastruktur solusi yang dibutuhkan serta garansi ketersediaan sistem dalam satu solusi.

Managing Director Fujitsu Indonesia Odi Susilo Handoko mengatakan pihaknya melebarkan sayap ke sektor solusi IT ke UKM dengan cara menawarkan produk yang cocok dengan pasar ini.

Salah satu yang diandalkan oleh Fujitsu Indonesia dan SMI adalah Fujitsu Eternus all flash storage, yakni seri AF250S2 dan AF650S2.

Dua varian ini adalah storage dengan performa mumpuni di kelasnya berdasarkan benchmark SPC-1 Storage Performance Council. Sedangkan storage Fujitsu ETERNUS AF250 merupakan solusi yang ditawarkan ke perusahaan skala menengah yang membutuhkan solusi penyimpanan dengan performa tinggi namun berkapasitas kecil atau menengah.

Baca juga: Fujitsu Ingin Ciptakan Solusi Bencana dari Indonesia yang Bisa Diterapkan di Negara Lain

Tambahan produk lainnya adalah Fujitsu Primeflex, yang merupakan sistem dengan kategori Hyper Converged Infrastructure atau HCI. Teknologi ini menyediakan lengkap infrastruktur IT yang dibutuhkan oleh perusahaan namun dengan sederhana.

Odi Susilo menambahkan pihaknya mempercayakan distribusi produk di atas sebagai bagian dari upaya ekspansi bisnis Fujitsu Indonesia kepada SMI yang memang mempunyai tenaga penjualan yang kuat.

“Dalam hal strategi dan pemasaran, SMI menjamin pelanggannya dengan jasa layanan yang baik, dilengkapi portofolio produk, solusi-solusi, yang bisa membantu untuk meningkatkan dari sisi bisnis kedua belah pihak,” kata Odi Susilo.

SMI sendiri mempunyai pusat distribusi yang tersebar di tujuh kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.