Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Brace Yourself, Era Selfie Tanpa Bully Telah Datang!

Siap mewujudkan selfie yang sesuai dengan karakter wajah kamu tanpa kepalsuan.

Sebagai pengguna smartphone yang aktif di social media, pernah nggak sih kamu coba selfie malah berakhir dengan bully? Sebenarnya nggak ada yang salah dengan wajah kamu, mungkin kamu cuma salah memilih smartphone.

Saat ini banyak vendor smartphone yang ingin memanjakan penggunanya dengan menghadirkan kamera depan yang menjanjikan. Sayangnya, alih-alih ingin menawarkan pengalaman selfie terbaik, fitur kamera tersebut malah jadi bumerang bagi penggunanya.

Bumerang? Iya. Saya sendiri pernah terheran-heran dengan postingan foto selfie beberapa teman di social media. Bukan karena wajahnya atau ekspresi selfie mereka yang aneh, tapi karena kualitas dari selfie itu sendiri.

Saya sih paham, ada beberapa teman yang ingin tampil cantik atau ganteng, tapi harusnya sih nggak segitunya. Misalnya, ada yang wajahnya tampak merah seperti tomat, mirip efek orang yang wajahnya iritasi akibat salah perawatan wajah.

Ada juga yang sebenarnya cantik atau ganteng, tapi karena kameranya kurang bagus akhirnya figur wajah yang ditangkap kurang jelas. Jadi, lunturlah sudah kegantengan dan kecantikan orang hanya karena kamera smartphone-nya yang payah.

Soal seflie, saya juga pernah mengalami hal yang kurang mengenakkan. Sejujurnya, saya sendiri termasuk cowok yang kurang selfie, di mana dalam 10 postingan di Instagram, mungkin hanya 2 berupa foto selfie. Makanya saya berupaya hasil foto selfie yang jarang ini bagus. Sialnya, niatnya mau dipuji, saya malah di-bully.

Kenapa? Ya, permasalahannya wajah saya terlihat “cantik”, padahal aslinya ganteng (kata nenek saya). Figur kegantengan saya dirusak oleh settingan default dari kamera depan smartphone yang saya gunakan. Bukannya ganteng apa adanya, wajah saya malah terlihat sangat halus mirip seperti cowok-cowok metroseksual yang sering menghabiskan waktu berjam-jam buat perawatan wajah di salon. Malah di bagian pipi terlihat merona seperti dipoles blush-on.

Sebenarnya smartphone yang saya gunakan nggak jelek-jelek banget. Cuma masalahnya, default dari kamera depannya seperti memaksa foto selfie orang harus bagus, di mana efek beauty yang membuat wajah pengguna terlihat halus secara otomatis. Lalu gimana nasib para cowok yang mau selfie? Haruskah mereka jadi “cantik” supaya di-bullly?

Nah, sepertinya saya dan mungkin cowok-cowok di luar sana bisa berharap banyak dengan OPPO F5. Kenapa? Ya, karena salah satu fitur unggulan dari smartphone ini ada di fitur selfie-nya. Sebenarnya urusan selfie sudah jadi jagonya OPPO (malah vendor ini pede dengan jargon “Seflie Expert-nya). Hanya saja, pada smartphone terbarunya ini, OPPO menghadirkan fitur selfie yang melibat Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Hah? Niat banget! Buat apa sih?

Related Posts
1 daripada 20

Rupanya, dengan fitur yang bernama A.I Beauty Recognition tersebut OPPO F5 secara cerdas bisa menangkap figur wajah penggunanya sekaligus mengenali subjek berdasarkan jenis kelamin, warna kulit, dan usia. Jika dia adalah cewek maka akan cantik, jika dia cowok maka akan ganteng, nggak tertukar. Fitur ini malah bisa mendeteksi figur wajah ketika cowok dan cewek melakukan selfie bareng, di mana wajah cowok nggak bakalan dibuat secantik si cewek.

Dalam satu kesempatan, Aryo Meidianto, PR Manager PT World Innovative Telecommunication (OPPO Indonesia) mengatakan, teknologi A.I Beauty Recognition bisa menganalisa kondisi cahaya di sekitar subjek yang nantinya akan dihubungkan dengan database foto secara global. Efeknya, hasil foto terlihat lebih natural dan sesuai dengan figur wajah penggunanya.

“Teknologi ini adalah jawaban bagi kegalauan penggila selfie, di mana kebanyakan smartphone menghadirkan software bawaan beautify yang membuat wajah mereka terlihat sama. Hasilnya jadi cenderung palsu,” tandasnya.

Dengan adanya fitur tersebut, nggak heran jika OPPO F5 memberikan jargon “Capture The Real You”, jadi ketika saya akan selfie maka hasil fotonya akan sesuai dengan apa adanya saya, bukan tiba-tiba jadi secantik Chelsea Islan, yang didapuk jadi brand ambassador untuk produk ini.

Selain fitur A.I Beauty Recognition di balik kamera depan 20 MP yang dimilikinya, OPPO F5 akan hadir dengan kamera belakang 16 MP dengan bukaan lensa F/1.8, layar Full HD+ 6 inci yang dilindungi Gorilla Glass 5, triple slot untuk SIM dan microSD, facial unlock, dan berjalan dengan ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 Nougat.

Lalu bagaimana dengan spek dapur pacunya? Pihak OPPO memang tidak mau membongkar lebih banyak mengenai amunisi dari perangkat terbarunya ini. Namun, dari tayangan video iklan terbarunya, sepertinya F5 akan datang dengan tiga tipe berbeda, yakni F5 Youth, F5 6 GB, dan F5.

OPPO F5 selfie

Penasaran dengan spesifikasi lebih detil dan harganya? Pantengin Gizmologi aja! Karena akan ada live report-nya dari peluncuran OPPO F5 hari ini, Senin (13/10/2017). Yang pasti, smartphone ini menjanjikan pengalaman selfie yang bebas bully. Are you ready, Gizmolovers?