Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bisnis Layanan Antar Makanan Menggiurkan, GrabFood Tambahkan Fitur Baru

Berdasarkan laporan Statista Digital Market Outlook, pada tahun 2019, pendapatan segmen layanan antar makanan online di Indonesia mencapai US$1,35 juta atau sekitar Rp19,3 miliar dengan 38.7 juta pengguna. Penyedia layanan antar makanan online ini mencakup layanan dari restoran itu sendiri dan platform khusus layanan antar makanan dari pihak ketiga seperti GoFood milik GoJek dan GrabFood milik Grab.

Pertumbuhan pendapatan ini masih diharapkan meningkat sebesar 12,2% setiap tahun sampai tahun 2023. Prediksinya volume market pada tahun 2023 mencapai US$2,135 juta atau sekitar Rp30,5 miliar.

Sayangnya di tengah bisnis layanan antar makanan yang menggiurkan ini tak direguk oleh semua penyedia layanan antar makanan. Bahkan aplikasi Food Panda yang memiliki skala internasional diruntuhkan oleh dominasi GoFood dan GrabFood di Indonesia.
Baca juga: SoftBank Kembali Guyur Dana Rp20,9 Triliun ke Grab

Keunggulan GoFood dan GrabFood tentu saja besarnya basis pengguna GoJek dan Grab sendiri. Selain itu juga dukungan armada mitra pengemudi mereka yang begitu banyak dan kerjasama dengan merchant yang luas. Bagi GoFood dan GrabFood pun bersaing ketat memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Nah, demi meningkatkan daya saing, Grab menambahkan fitur baru pada layanan GrabFood, yaitu Kategori.

Fitur kategori GrabFood ini memudahkan untuk memilih makanan atau minuman dan berdasarkan promo yang ada.  GrabFood membuat fitur ini berdasarkan data historis yang digunakan untuk memahami perilaku dan kegemaran masyarakat lokal. Saat ini ada 12 kategori yang disediakan oleh GrabFood. Penasaran kan apa saja? Yuk simak ulasannya!

Fitur Kategori Pada Grab Food
Fitur Kategori Pada Grab Food

Fitur Kategori GrabFood

  1. Kategori Promosi

    Berbagai penawaran menarik di mitra merchant GrabFood ada dalam kategori ini, sehingga tak perlu bisa berhemat untuk menyantap makanan enak. Saat ini sedang berlangsung diskon 50% dari Hokben menggunakan kode promo GFHOKBEN.

  2. Kategori Fast Food

    Pada kategori ini terdapat makanan cepat saji yang begitu menggiurkan, awas jangan sampai merusak program dietmu ya. Tapi ingat saja semboyan, diet itu besok!

  3. Kategori Combo Deals

    Sebenarnya kategori ini mirip kategori Promo, bedanya pada kategori ini tersedia paket khusus untuk makan berdua dengan harga spesial tentunya.

  4. Kategori Martabak

    Bagi yang tak peduli dengan diet, cemilan favorit ini memang paling digemari, sampai anak presiden pun jualan martabak. Berbagai jenis martabak, baik itu manis, telor, maupun tipis kering ada di kategori ini.

  5. Kategori Best Sellers

    Ini adalah kategori yang berisi makanan paling digemari, beberapa di antaranya mencakup Bakmi GM dan Chatime.

  6. Kategori Chicken

    Berbagai hidangan berbahan ayam tersedia di sini, mulai dari Ayam goring, sampai Ayam Geprek yang kekinian. Bahkan pada tahun 2018, Ayam Geprek merupakan menu paling sering dipesan melalui GrabFood.

  7. Kategori Snack

    Bagi yang senang ngemil, nah kategori makanan ringan ini paling pas untuk ganjal perut di jam tanggung. Menu yang tersedia mencakup Baskin Robbins dan Holland Bakery.

  8. Kategori Rice

    Orang Indonesia asli biasanya belum kenyang bila belum makan nasi, okelah kategori ini siap memenuhi selera Indonesia.

  9. Kategori Bubble Tea

    Siapa sih yang tak kenal minuman yang paling menjadi favorit di Asia Tenggara. Nah, bila ingin minum sambil mengunyah bubble yang kenyal, langsung saja buka kategori ini. Berbagai brand kenamaan pun muncul, mulai dari Chatime, Hophop, Fat Bubble dan lain-lain.

  10. Kategori Bakso

    Penggemar berat bakso nggak perlu repot lagi menelusuri banyak merchant, cukup tekan kategori ini, daftar merchant pun muncul. Di antaranya adalah Bakso Kota Cak Man, A Fung dan kedai bakso terdekat lainnya.

  11. Kategori Coffee

    Para penggemar kopi semakin banyak di Indonesia seiring dengan berjamurannya kedai kopi. Beberapa merchant pada kategori ini mencakup Bengawan Solo Coffee, Starbucks, Kopi Kenangan, Maxx Coffee, dan lain-lain.

  12. Kategori Indonesian

    Hidangan dengan cita rasa asli khas Nusantara bisa dipesan langsung melalui kategori Indonesia. Beberapa merchant mencakup rumah makan Padang, pecel ayam, gudeg dan lain-lain.

Seru kan? Jadi mana layanan antar makanan favorit kamu? Tinggal pilih  mana yang paling cocok, tapi nggak usah berantem ya! Toh hanya berpengaruh pada kepuasan perut, bukan masa depan negara.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More