Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

TikTok Perbarui Fitur Manajemen Waktu dan Filter Konten

Generasi masa kini terkadang suka lupa waktu saat berinteraksi dengan gawai mereka. Apalagi ketika asyik streaming video, termasuk saat menggunakan aplikasi TikTok. Nah, demi mencegah hal tersebut, TikTok menawarkan pilihan untuk melakukan pengaturan waktu saat online dengan menghadirkan pembaruan pada fitur Manajemen Waktu dan Mode Terbatas.

Fitur Manajemen Waktu TikTok

Sebelumnya pengguna TikTok bisa membatasi waktu pemakaian aplikasi tersebut sampai dua jam. Kini, tersedia pilihan 40, 60, 90 atau 120 menit per hari. Ketika batas tersebut tercapai, maka jika ingin lanjut harus memasukkan kata sandi. Fitur manajemen waktu layar memungkinkan kamu menentukan waktu yang ingin dihabiskan pada aplikasi. Pembaruan lain diberikan pada fitur Mode Terbatas yang berfungsi menyaring konten.

Fitur Manajemen Waktu TikTok
Fitur Manajemen Waktu TikTok

Fitur Mode Terbatas TikTok

Ketika fitur mode terbatas diaktifkan, maka otomatis konten-konten negatif akan disaring. Aktivasi fitur dilakukan dengan memakai kata sandi yang berlaku 30 hari, sehingga pengguna bisa mengendalikan konten yang diakses. TikTok memang memprioritaskan pengalaman aplikasi yang aman dan positif. Fitur ini didukung juga dengan algoritma pembelajaran mesin.

Fitur Mode Terbatas TikTok
Fitur Mode Terbatas TikTok

Fitur manajemen waktu dan fitur mode terbatas dapat diakses melalui menu Privasi dan Pengaturan. Menu tersebut berada di bawah bagian kesejahteraan digital.

Privasi dan Pengaturan
Privasi dan Pengaturan

Berikut ini adalah pilihan yang tersedia untuk pada menu pengaturan Privasi dan Keselamatan TikTok

  • Membuat daftar blokir
  • Menentukan akun yang bisa jadi follower
  • Menentukan akun yang bisa mengetik komentar pada konten
  • Menentukan akun yang bisa memberikan reaksi pada konten
  • Menentukan akun yang bisa berduet bareng
  • Menentukan akun yang bisa mengirimi pesan
  • Menghindari konten yang akan diunduh
  • Penyaringan komentar berdasarkan kata kunci yang ingin dihindari
  • Privasi akun

TikTok juga menyediakan Pusat Keamanan yang berisi alat dan tips mengenai keselamatan. Selain itu TikTok pun menyajikan serangkaian konten mendidik di menu ‘Anda dalam Kontrol’. Konten tersebut berisi informasi mengenai pedoman dan alat keselamatan yang disajikan oleh @tiktoktips.

Keamanan yang tersedia dan konten yang mendidik tentunya dapat memberikan pengalaman terbaik dalam memakai aplikasi. Ini adalah usaha TikTok yang berkesinambungan dalam memahami kebutuhan penggunanya. Apalagi aplikasi ini sudah menjadi wadah berekspresi berkat kemudahannya untuk berbagi momen di smartphone. Jadi memang sudah selayaknya TikTok berkomitmen menjamin keamanan dan kenyamanan dalam platform ini. Hal tersebut diwujudkan dengan peningkatan dan pembaruan kebijakan, alat dan sumber daya untuk mempromosikan hal-hal positif dalam lingkungan aplikasi ini.