Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Future Digital Economy Lab Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Hadapi era revolusi industri 4.0, Indosat Ooredoo persiapkan generasi muda Indonesia dengan menghadirkan Future Digital Economy Lab. Langkah Indosat Ooredoo ini sejalan dengan strategi LEAD yang salah satunya adalah melakukan percepatan B2B. Lab tersebut memang berperan sebagai wadah pengembangan inovasi, penguatan sumber daya manusia dan inkubator use case tepat guna berbasis IoT. Dengan demikian dapat meningkatkan perekomomian bangsa dan menciptakan peluang usaha di berbagai industri.

“Indosat Ooredoo Business menyadari pentingnya membangun sumber daya manusia dan mempersiapkan generasi muda menghadapi revolusi industri 4.0 melalui pemanfaatan infrastruktur digital yang baik dan penguasaan teknologi. Kami ingin membangun ekosistem future digital economy dan menjadi penghubung bagi para stakeholder dari berbagai bidang melalui Future Digital Economy Lab,” ucap President Director & CEO Indosat Ooredoo, Chris Kanter.

Future Digital Economy Lab

Future Digital Economy Lab pertama dihadirkan di Institut Teknologi Bandung, yaitu IoT Innovation & Future Digital Economy Lab. Kemudian kerja sama dilanjutkan dengan Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Trilogi, Universitas Nahdlatul Ulama Suarabaya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, President University, STIE PERBANAS, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Udayana. Harapannya program tersebut bisa menjadi sarana pembelajaran dan pengembangan bakat-bakat digital berbasis Awareness dengan cara belajar sambil praktik.

Related Posts
1 daripada 31
Peresmian Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (sumber: http://www.kemenperin.go.id)
Peresmian Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (sumber: http://www.kemenperin.go.id)

Indosat Ooredoo Business konsisten berperan dalam menyediakan infrastruktur digital yang lengkap. Infrastruktur tersebut mencakup konektivitas tepat guna, layanan ICT, platform-platform dan aplikasi dengan teknologi terkini dalam implementasi tren teknologi digital yang berkembang.

Pemerintah pun turut berperan dalam mendukung transformasi digital Indonesia dengan berbagai inisiatif seperti Smartcity & Making Indonesia 4.0. ICT berperan penting, khususnya IoT yang membutuhkan kerja sama kolektif, efektif dan berkelanjutan antar stakeholder untuk mengatasi tantangan dan menciptakan peluang dari evolusi teknologi. Stakeholder tersebut mencakup Industri telkomunikasi, dunia bisnis, ekoomi kreatif, UMKM, akademisi, vendor teknologi, pemerintah dan komunitas.

Harapannya Future Digital Economy Lab dapat menghasilkan ide inovasi, referensi desain produk dan solusi. Dengan demikian bisa mengatasi kasus-kasus IoT untuk berbagai kebutuhan yang bisa dikembangkan dalam skala Industri. Laboratorium ini juga diharapkan bisa menghasilkan program-program engembangan bakat dan ikubasi future economy berbasis digital. Berbagai sertifikasi pun bisa diuji melalui wadah ini, baik itu sertifikasi perangkat maupun sumber daya. Dan tentu saja untuk mempertemukan antara produsen dan pengguna.