Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Galaxy International Experience Store, Cara Samsung Jaga Loyalitas Konsumen

Yang membedakan market leader dengan pemain baru adalah cara mereka dalam berbisnis. Jika pemain baru lebih banyak fokus pada menjual produk biar laku di pasar, maka market leader lebih meningkatkan user experience dan layanan purna jual. Setidaknya, itulah yang penulis perhatikan di industri mobile. Salah satu contoh terbaru adalah Samsung yang pekan lalu meluncurkan Galaxy International Experience Store.

Namanya agak panjang, berbeda dengan sejumlah gerai resmi lainnya yang diberi label Samsung Experience Store. Hal ini karena Galaxy International Experience Store (GIES) merupakan gerai terbesar pertama dan terbesar Samsung di Asia Tenggara. Konsepnya pun dibuat lebih megah, premium dan dibekali dengan fasilitas canggih.

Menurut Jae Hoon Kwon, President Samsung Electronics Indonesia, peresmian Galaxy International Experience Store ini merupakan langkah besar Samsung membawa pengalaman futuristik melalui smartphone dan ekosistemnya, khususnya untuk masyarakat Indonesia. GIES dibangun dengan konsep yang kental dengan kesan lebih canggih dan premium dengan fasilitas lengkap.

“Selain memberikan solusi menyeluruh bagi pengguna, mulai dari pengalaman digital yang interaktif, konsultasi produk hingga layanan purna jual terlengkap, kami juga yang pertama kali menyediakan promoter yang fasih beberapa bahasa asing untuk melayani konsumen internasional dan area training yang memberikan pembelajaran gratis bagi para pengguna dan generasi muda untuk mengoptimalkan gawai, baik untuk produktivitas mereka maupun untuk membuat konten maupun aplikasi,” kata Kwon saat pembukaan GIES di Lotte Avenue, Jakarta (29/9).

Dijelaskan lebih lanjut, Galaxy International Experience Store ini lebih mengutamakan pengalaman bagi pengguna, agar dapat mengoptimalkan smartphone yang dimilikinya. Agar mereka semakin betah menggunakan ponsel Samsung, karena mengetahui manfaatnya secara lebih banyak. Tidak sekadar dipakai untuk selfie dan media sosial.

Related Posts
1 daripada 226

Untuk mendirikan Galaxy International Experience Store tersebut, Samsung tidak bekerja sendiri. Melainkan menyerahkan operasionalnya kepada partner. Raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut bekerjasama dengan PT Nusa Abadi Sukses Artha, anak usaha Erajaya Group.

Selain Samsung, Erajaya diketahui juga bekerjasama dengan merek lain yakni Xiaomi untuk membangun experience store Mi Home di sejumlah tempat. Erajaya juga memiliki gerai sendiri yang diberi nama Gerai Erafone Megastore yang bersifat multi brand. Serta iBox Apple Flagship Store yang khusus menjual produk Apple.

Bagi Erajaya, mengelola GIES yang seluas lebih dari 500 meter persegi ini menjadi tantangan sekaligus pencapaian tersendiri untuk bisa mewujudkan keinginan Samsung. Karena ini bukan sekadar experience store biasa dan belum pernah membuat yang seperti ini sebelumnya. Galaxy International Experience Store terdiri dari area experience yang massive dan lebih interaktif dengan konsumen. Terdapat area purna jual, transaksi penjualan, ruang training, dan Coffee Shop Caribou yang membuat GIES ini lebih nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung.

Budiarto Halim, President Director Erajaya Group pun mengaku sangat senang bekerjasama dengan Samsung untuk mengoperasikan GIES ini. Tentu saja senang karena berarti ada pos pemasukan baru bagi perusahaan yang telah lama dikenal mendistribusikan ponsel sejak era Nokia ini.

“Samsung merupakan produk yang banyak dicari konsumen, dan GIES di Lotte Shopping Avenue ini merupakan gerai ke-67 yang kami operasikan. Galaxy International Experience Store mengedepankan pengalaman dan edukasi, selain memberikan layanan purna jual dan konsultasi produk,” kata Budiarto.

Konsep experience store Samsung ini memang bikin betah pengunjung. Saat penulis berkunjung ke sana, bisa langsung mencoba berbagai produk terbaru Samsung, termasuk menikmati sensasi menggunakan Gear VR. Samsung menyediakan tiga kursi yang bisa dicoba pengunjung untuk menikmati virtual reality dengan lebih maksimal. Seperti di bioskop 4D, kursi tersebut bisa bergerak mengikuti atraksi konten Virtual Reality.

Dan yang lebih menyenangkan, tentu saja adalah terdapatnya kedai kopi Caribou dengan pilihan menu yang lengkap seperti coffe shop pada umumnya. Setelah membeli ponsel atau melakukan perbaikan produk misalnya, kita bisa memesan kopi sambil bekerja di situ. Tidak membeli ponsel pun tidak dilarang untuk memesan kopi.

Intinya, Samsung telah berada di level tinggi untuk memanjakan konsumennya. Mereka mengerti kebutuhan sekaligus mengikuti tren kekinian.

Di saat yang bersamaan dengan peresmian GIES tersebut, Samsung juga melakukan penjualan perdana flagship terbarunya Galaxy Note8. Berbekal fitur terbaik di industri, sambutan konsumen pada pre-order Galaxy Note8 disebut positif.

“Sambutan konsumen terhadap penawaran pre order Galaxy Note8 sangat positif dan

melampaui ekspektasi kami. Banyak konsumen yang sudah menantikan kehadiran Galaxy Note8 setelah terakhir kami menjual Galaxy Note5,” kata Vebbyna Kaunang, IT & Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia.

Ia mengatakan, dibanding pemesanan Galaxy Note5 yang diluncurkan 2015 silam, pemesanan Galaxy Note8 ini lebih tinggi tiga kali lipat. Bahkan pre-order yang diraih Galaxy S8 selama 10 hari, bisa dilewati Galaxy Note8 hanya dalam waktu tiga hari.

Tak heran jika konsumen sudah lama menantikan seri baru Galaxy Note. Karena seri yang sebelum ini, yaitu Galaxy Note 7 gagal beredar di pasaran setelah tersandung kasus meledaknya beberapa ponsel. Bahkan ponsel tersebut dilarang dibawa penumpang oleh hampir semua maskapai penerbangan.

Kini kerja keras Samsung untuk memperbaiki kesalahan di Note7 berbuah manis. Walaupun harganya tergolong cukup mahal yakni mulai IDR 13 jutaan untuk paket paling dasar, tetap saja yang memburu ponsel premium tersebut banyak.

This post is also available in: enEnglish (English)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More