Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dituding Plagiat, Game Genshin Impact Dikecam Fans Zelda di China

Plagiat atau penjiplakan di industri kreatif adalah dosa besar dan merusak reputasi. Bahkan bisa berlanjut ke kasus hukum jika sudah didaftarkan sebagai hak cipta. Terkait plagiat ini, ada kasus yang sedang ramai di kalangan komunitas gamer. Belum lama ini, MiHoYo, developer game asal Tiongkok memperkenalkan game MMORPG baru bernama Genshin Impact.

Pihak MiHoYo mengumumkan bahwa game MMORPG buatannya akan dirilis pada musim semi tahun 2020 mendatang di platform PC, PlayStation 4, dan juga Mobile (Android dan iOS). Mereka pun merilis video teaser tampilan dari game Genshin Impact.

 Baca juga: Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Bermain Game

Rupanya, banyak yang menuding game tersebut sangat mirip dengan game terkenal The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Bagaimana tidak, desain dan juga tampilan yang digunakan pada Genshin Impact mirip dengan game Zelda buatan Nintendo tersebut. Selain itu mekanisme gameplay dan juga UI dari game tersebut juga bisa dibilang mirip.

Reaksi pun datang dari fans fanatik game Zelda yang membuat heboh komunitas gamer. Pasalnya, fans yang tidak diketahui namanya tersebut melakukan aksi membanting console PlayStation 4 miliknya di depan umum, tepatnya di ajang konferensi game ChinaJoy 2019 di Tiongkok.

Setelah diusut, terungkap bahwa insiden ini merupakan aksi protes penggemar Legend of Zelda: Breath of the Wild yang menganggap Genshin Impact adalah plagiat dari game favoritnya. Jadi, pemrotesnya datang dari negara yang juga melahirkan Genshin Impact.

Related Posts
1 daripada 293

Fans Zelda Banting PS4 Protes Genshin ImpactPasalnya, pihak Sony sendiri yang memfasilitasi langsung booth Genshin Impact demi mempromosikan game buatan MiHoYo tersebut juga muncul di PlayStation 4.

Selain itu, sejumlah penggemar Zelda lainnya juga melakukan aksi protes dengan memainkanLegend of Zelda: Breath of the Wild sambil mengacungkan jari tengah ke arah booth game buatan MiHoYo ini. Ada juga cosplayer Link yang malah berfoto di samping booth tersebut.

Menurut para penggemar Zelda, mereka merasa terpukul melihat Genshin Impact sangat terang-terangan meniru game The Legend Of Zelda: Breath of the Wild. Yang paling dipermasalahkan oleh mereka adalah tampilan UI Inventory, gameplay eksplorasi di tempat terbuka maupun tertutup, hingga ke mekanisme serangan para musuhnya.

Baik pihak Sony, Nintendo, maupun MiHoYo hingga kini masih belum memberikan respon terkait masalah ini. Sementera respon dari kalangan gamers pun terbelah. Ada yang menganggap Genshin Impact tidak plagiat, hanya terinspirasi di mana konsep yang sengaja diadaptasi ini masih berada pada level wajar. Di sisi lain, ada yang menganggap apa yang dilakukan MiHoYo tersebut tidak terpuji untuk perkembangan industri game.

Bagaimana menurut kamu? Jika penasaran, tonton deh video trailer game Genshin Impact di bawah ini.

Trailer Genshin Impact