Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hidizs Sonata HD DAC, Dongle Audio yang Mungil Tapi Gahar

Kendati namanya tak terlalu terkenal, tetapi Hidizs ternyata mampu menyajikan perangkat dengan kualitas yang mumpuni, termasuk untuk kabel dongle. Yup! Sonata HD DAC keluaran Hidizs adalah kabel dongle audio USB-C dengan kualitas audio yang sangat baik.

Jika mencari Hidizs Sonata HD di e-commerce seperti Tokopedia atau Bukalapak maka harganya sekitar Rp580 ribu sampai Rp800 ribuan. Rasanya memang cukup mahal ya, tetapi sangat sepadan dengan kualitas audio yang dihasilkan. Sebenarnya sih harga di situs resmi Hidizs harga kabel dongle ini hanya US$27,99 atau sekitar Rp395 ribu.

Kabel dongle ini akan mengatasi absennya jack audio pada smartphone masa kini. Sebagian besar orang mungkin memilih untuk membeli headphone nirkabel saja. Tetapi bagi yang sudah memiliki headphone atau earphone andalan dengan koneksi jack audio 3,5 mm, tentu membutuhkan kabel dongle ini. Jadi kini bisa tetap bebas membeli smartphone tanpa jack audio sekali pun untuk tetap bisa memakai headphone kesayanganmu.

Tak lagi terpaku pada smartphone flagship LG yang memang menawarkan kualitas audio terbaik dengan audio quad-DAC mereka. Pilihan lainnya tentu Samsung Galaxy dan smartphone kelas menengah dari vendor lain, misalnya Huawei P30.

Keunggulan Hidiz Sonata HD DAC

Hidizs Sonata HD merupakan dongle audio favorit yang mengalahkan kualitas seluruh adapter audio yang disediakan sepaket dengan berbagai smartphone. Keunggulan dari adapter USB-C ini adalah fitur DAC dan amplifier. Kabel ini tidak memberi nada ke segala arah pada musik yang dimainkan, dan tidak menguatkan atau meredam segala frekuensi. Semua dimainkan apa adanya dan suaranya cukup kuat. Tak semua dongle USB-C bisa menyandang keistimewaan ini.

Hidizs Sonata HD DAC
Hidizs Sonata HD DAC

Kendati sosoknya sangat mungil, Sonata HD ini dirancang dengan konstruksi logam yang kokoh dengan kawat yang dipilih sangat kuat. Dengan demikian bodinya sangat begitu kuat. Paket Sonata HD tersebut mencakup case dan adapter USB-C ke USB-A, sehingga bisa juga digunakan ke komputer model lama. Perangkat dengan segala jenis sistem operasi dapat mengenali Sonata tanpa masalah, baik itu Android, Mac atau Windows.

Jika dibandingan dengan dongle audio Essential yang memiliki suara keras dengan bass yang manis, maka Sonata lebih renyah suaranya. Kemampuan dongle besutan Hidizs ini makin ketara ketika dihubungkan dengan perangkat high-end seperti Denon D9200 atau Focal Stellia. Dongle kabel Hidizs Sonata HD ini merupakan pilihan terbaik untuk audio hi-fi pada smartphone Android kamu.