Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dukung Penerapan AI, Jajaran IT Leaders Raih iCIO Awards 2019

Pada acara IT Infrastructure Summit 2019 yang diselenggarakan oleh CTI Group, diselenggarakan juga penyerahan iCIO Awards 2019. CTI Groups memang bekerja sama dengan iCIO Community untuk menggelar iCIO Awards yang memberikan penghargaan kepada IT Leaders dan CEO. Kriterianya adalah sukses dalam mendorong dan mengeksekusi inisiatif transformasi bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara lebih optimal. Dan tentu saja sudah terbukti dalam menghadirkan value pada kinerja bisnis. iCIO Community sendiri merupakan perkumpulan Chief Information Officer (CIO) dan eksekutif di bidang TIK perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Para pemenang tersebut adalah Prasetyadi, Direktur Operasi PT. Pelindo II sebagai The Most Influential CIO; Bapak Widada Sulistiya yang merupakan Deputi Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi Badan Meteorologi dan Geofisika sebagai The Most Intelligent CIO; Bapak Dino Bramanto, Direktur Korporat IT & CEO Kalina (Kalbe Digital Companies) sebagai The Most Innovative CIO; dan Bapak Hafid Hadeli, Presiden Direktur dari PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk,. sebagai The Most Inspiring CEO.

Sesuai dengan tema yang diangkat oleh CTI Group pada IT Infrastructure Summit 2019, para CIO yang menyabet iCIO Awards tersebut telah menerapkan AI pada perusahaannya.

Penerapan AI Pada Perusahaan Para IT Leaders yang Meraih iCIO Awards 2019

Prasetiyadi sebagai Direktur Operasi PT. Pelindo II mengungkapkan bahwa Pelindo II merupakan terminal operator pelabuhan terbesar di Indonesia, karena sebagian besar kargo ada di Jakarta. Pergerakan data dan barang begitu pesat di wilayah operasional Pelindo II sehingga dibutuhkan sistem AI.

Related Posts
1 daripada 3

“Saat ini kita sudah masuk ke sistem AI. Pada akhir tahun 2020, kita akan mempunyai terminal yang berbasis AI di Tanjung Priuk, dimana pengendalian pergerakan peralatannya berbasis IT. Mudah-mudahan bisa menjadi lebih efisien dan efektif, serta memiliki daya saing dengan pelabuhan-pelabuhan di luar negeri. Saat ini posisi kita sudah termasuk 20 besar pelabuhan terbesar di dunia. Teknologi AI bisa membuat business process menjadi lebih efisien dan bisa membuat model bisnis yang baru,” ucap Prasetiyadi.

Press Conference iCIO Awards 2019
Press Conference iCIO Awards 2019

Sementara sebagai peraih The Most Intelligent CIO, Widada Sulistya dari BMKG ,mengatakan bahwa otomatisasi dengan AI di Indonesia merupakan pilihan solusi yang tepat. BMKG adalah lembaga pemerintah yang melayani masyarakat dalam bidang informasi cuaca, iklim dan gempa. “Di BMKG otomatisasi observasi dilakukan dengan memasang sensor. Penerapan otomatisasi juga dilkukan pada pengumpulan data, proses sampai penyebaran informasi. Penerapan teknologi AI dapat menyampaikan informasi lebih cepat ke masyarakat, dan lebih tepat,” tutur Widada Sulistya.

Sejak tahun 2018, iCIO Awards 2019 juga memberikan penghargaan kepada CEO perusahaan. Pada tahun ini The Most Inspiring CEO diraih oleh Hafid Hadeli dari Adira Finance Indonesia yang sudah melakukan transformasi digital pada perusahaannya. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan perubahan organisasi dan perubahan proses persetujuan kredit yang semula rumit melibatkan banyak kertas, kini paperless. Berkat penerapan teknologi, antara cabang dan kantor pusat sudah terhubung secara online. Daya saing pun meningkat karena proses jadi lebih cepat.

“Perusahaan kami juga harus mulai bersiap dengan big data karena kami mempunyai ambisi untuk bisa terkoneksi dengan para e-commerce. Dengan demikian bisa membantu orang dalam hal pembiayaan,” ucap Hafid.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.