Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bermodal IDR8 Triliun, Indosat Siap Ekspansi Jaringan Besar-besaran di Luar Jawa

Ada yang berbeda di tahun ini bagi Indosat Ooredoo. Operator seluler terbesar nomor dua di Indonesia tersebut mengungkapkan bahwa di tahun ini, mereka akan lebih fokus untuk memperkuat jaringan di Luar Jawa. Di mana pada tahun-tahun sebelumnya fokus di Pulau Jawa. Hal itu diungkapkan oleh Joy Wahjudi,President Director & CEO Indosat Ooredoo, di sela-sela media gathering Indosat yang berlangsung di Lampung (18/4/2018).

Bos baru Indosat yang menggantikan Alex Rusli ini menjelaskan, dalam rangka peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan terutama dalam mengakses dunia digital, pembangunan dan pengembangan jaringan di Luar Jawa khususnya 4G LTE  akan menjadi fokus dan komitmen selama tahun 2018.

“Untuk mendukung komitmen ini, kami telah menambah CAPEX (pengeluaran modal) tahun ini menjadi Rp 8 Trilliun, dimana 80% diantaranya digunakan untuk investasi jaringan. Hai ini mencerminkan keseriusan kami dalam melakukan ekspansi dan meningkatkan kualitas jaringan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia,” ungkap Joy.

Ia menambahkan bahwa pasar di luar Jawa masih sangat kompetitif. Karena masyarakat masih membutuhkan alternatif layanan, dan pada saat yang sama kebutuhan akses data masyarakat semakin meningkat . Pihaknya berharap dapat memenuhi kebutuhan ini, untuk mendukung masyarakat lebih cepat memasuki era digital yang akan membuka lebih banyak akses dan kesempatan, baik dari sisi ekonomi, pendidikan, sosial serta kualitas kehidupan secara menyeluruh.

[bs-quote quote=”Pasar di luar Jawa masih sangat kompetitif, karena masyarakat masih membutuhkan alternatif layanan, dan pada saat yang sama kebutuhan akses data masyarakat semakin meningkat.” style=”default” align=”center” author_name=”Joy Wahjudi” author_job=”Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo” author_avatar=”https://gizmologi.id/wp-content/uploads/2018/04/joy-wahjudi.jpg”][/bs-quote]

Related Posts
1 daripada 286

Memperkuat Jaringan di Lampung

Ki-ka: Deva Rachman, GH Corporate Communications Indosat Ooredoo; Joy Wahjud, President Director & CEO Indosat Ooredoo; Eric Danari,  Head of Region Sumatera; Dejan Kastelic, Chief Technology & Information Officer,  saat mencoba jaringan baru Indosat Ooredoo di luar Jawa dengan melakukan panggilan video dengan outlet yang berada di Kotabumi dan Krui, Lampung (18/4).

Lampung merupakan daerah yang paling dekat dengan Jawa, dan menjadi akses utama alias pintu gerbang untuk menuju ke berbagai daerah di Sumatera dengan menggunakan transportasi darat dan laut. Sehingga Indosat pun merasa perlu untuk memulai penguatan jaringan di kawasan ini. Terlebih dalam waktu dekat momen Ramadhan dan Lebaran di mana Lampung menjadi jalur mudik yang cukup sibuk. Sehingga diperlukan kualitas jaringan yang handal.

Khusus untuk wilayah Lampung, operator ini  melakukan penambahan dan modernisasi jaringan sudah ada menjadi jaringan baru broadband yang menyelimuti seluruh wilayah.  Hal itu dibuktikan selama perjalanan naik bus dari Bandara Internasional Radin Inten II menuju ke Hotel Sheraton di Kota Bandar Lampung yang menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, dilakukan pengujian akses video streaming YouTube 4K berlangsung mulus. Jaringan 4G LTE telah menyelimuti kota Lampung secara umum.

Begitupun saat pengujian video call dengan outlet yang berada di Kotabumi dan Krui, Lampung. Panggilan video menggunakan aplikasi Google Duo berlangsung mulus dengan kualitas gambar yang cukup bagus dan  delay yang minim. Satu hal yang menjadi catatan sekaligus masukan buat Indosat, berdasarkan percakapan pada panggilan video tersebut, bahwa jaringan langsung mati saat listrik mengalami pemadaman. Pihak Indosat pun berjanji akan segera menangani masalah ini.
Baca juga: Bulan Suci Ramadan, Waktu Belanja Online Terpopuler di Indonesia

Sebagai informasi, jaringan baru broadband yang telah dibangun di Lampung telah mencakup 15 kabupaten & 213 kecamatan, tersebar mulai Bakauheni, Bandar Lampung, Metro, Sribawono hingga wilayah perbatasan. Penambahan dan perluasan jaringan baru broadband Lampung ini, menurut Joy Wahjudi, memiliki keunggulan pada kestabilan jaringan serta jaringan yang lebih luas dari sebelumnya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.