Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Dua Inovasi Digital Tokopedia Siasati Lonjakan Pesanan Akhir Tahun

Jelang akhir tahun dan pergantian ke 2019 akan menjadi momen yang sibuk bagi para penjual di platform Tokopedia. Dua inovasi digital Tokopedia siap diterapkan agar pesanan pembeli terlayani maksimal dan pedagang pun meraih omzet besar.

Inovasi digital Tokopedia yang dimaksud yakni Saldo Prioritas dan Voucher Toko. Fitur Saldo Prioritas merupakan terobosan baru dan yang pertama di dunia e-commerce nasional. Fitur ini menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual cukup dengan memasukkan resi pengiriman. Inovasi digital pertama ini dibuat didasarkan oleh kesenjangan waktu antara penerimaan pesanan dan pemenuhan pesanan oleh penjual.

Samuel Sentana, Head of Fintech Tokopedia, mengungkapkan, “Dengan mendapatkan pembayaran di muka, penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal bisnisnya.”

aplikasi ponsel
Baik fitur Saldo Prioritas dan Voucher Toko akan membantu penjual cepat memutar bisnis mereka

Inovasi digital Tokopedia yang kedua adalah Voucher Toko yang berfungsi memfasilitasi penjual membuat kode voucher promosinya sendiri. Contohnya, yakni cashback atau potongan ongkos kirim, kepada calon pelanggan mau pun pelanggan setia mereka di Tokopedia.

Garri Juanda selaku Associate VP Seller Experience Tokopedia mengatakan fitur ini membuat penjual dapat menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan.

Related Posts
1 daripada 6

“(Fitur ini juga dapat) menjangkau pembeli yang masih di luar platform Tokopedia dengan cara menyebarkan voucher toko mereka di berbagai jejaring sosial, aplikasi chatting, bahkan mencantumkan kode voucher tokonya di flyers atau di depan kasir toko fisik mereka,” imbuh Garri.

Dua inovasi digital Tokopedia tersebut akan menguntungkan bagi para penjual di platform ini. Sebagai contoh, penjual yang mengajukan Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80 persen dana pembayaran di muka. Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang. Para penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran fitur baru ini.

Baca juga: Musim Perdana “Tokopedia Battle of Friday” Perebutkan Rp1,9 Miliar

“Semenjak ada Saldo Prioritas, stok barang saya jadi ada terus. Sebelumnya, saya harus menunggu pembeli sampai konfirmasi pembayaran, baru saya bisa stok lagi. Menunggu pembeli konfirmasi pembayaran terkadang bisa memakan waktu lama, namun masalah tersebut sudah terpecahkan sejak ada Saldo Prioritas,” jelas Jajang, pemilik toko Taman Hijau Daun asal Jakarta.

Begitu pula dengan Voucher Toko. Sejak diluncurkan awal November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respon positif dari para penjual maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30 ribu penjual yang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi, salah satunya Azi Fahrurozi, pemilik Zeitgeist Leather Store.

“Saya mencoba membuat banyak kode voucher promosi. Ternyata banyak pelanggan yang antusias datang berbelanja di toko saya karena tahu ada voucher yang saya buat itu,” kata Azi.

 

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More