Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

IT Camp 2019: Berkemah Sambil Belajar Hacking Big Data

Belajar teknologi dengan tema yang relatif berat biasanya tegang dan serius. Namun tidak dengan suasana yang tampak di IT Camp 2019 yang digelar di bumi perkemahan Citra Alam Lakeside Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan. Peserta nampak begitu cair dengan sesekali muncul celetukan, tapi sangat antusias.

Sistem belajar teknologi di alam terbuka seperti IT Camp ini tidak akan ditemukan di tempat lain. Karena di acara ini peserta langsung bertatap muka dengan para ahlinya dan mempraktikkan Ilmu yang di dapat secara langsung. Dengan suasana yang santai dan kekeluargaan, peserta diharapkan akan lebih cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pembicara.

IT Camp sendiri sudah digelar pertama kali pada 2009 yang terus diadakan secara rutin dan berkala. Konsep ini kemudian diadopsi di berbagai daerah seperti Aceh (2015), Pemalang (Juni 2016 dan November 2019), Magelang (Oktober 2019). Tidak tertutup kemungkinan, kedepan IT Camp juga akan diselenggarakan di daerah lain di seluruh Nusantara.

Tiap tahunnya, tema dan materi pembelajaran yang diberikan selalu mengikuti trend ilmu teknologi terbaru. Tahun ini, tema yang diambil adalah hacking big data. Nurlina Purbo, Ketua Panitia IT Camp 2019 yang sekaligus Ketua Yayasan Onno Center International, mengatakan IT Camp 2019 lebih banyak diikuti oleh para profesional TI yang kesehariannya bersentuhan dengan data.

“Mengingat betapa pentingnya Big Data, maka keamanannya sangat perlu dijaga dari para hacker yang pintar dan dapat menjebol pertahanan data,” ujar Nurlina yang merupakan istri dari Onno W Purbo.

Baca juga:  Big Data Beri Dampak Positif pada Layanan Publik & Korporasi

IT Camp 2019

Related Posts
1 daripada 280
IT Camp 2019 Ciputat
Foto bersama peserta IT Camp 2019

IT Camp 2019 merupakan kegiatan diskusi dan pelatihan teknologi informasi (TI) yang dilaksanakan di alam terbuka layaknya sebuah camping. Event ini dikoordinir oleh Kelompok Remaja Melek IT (KerMIT) dan Yayasan Onno Center International yang diadakan selama dua hari pada 14 – 15 September 2019. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada Sabtu malam hari akan dilakukan kegiatan ‘ngoprek’ bersama.

Di ajang ini, para narasumber membahas lebih dalam tentang hacking Big Data, termasuk belajar coding python menggunakan TensorFlow dan Keras. Juga, teknik melakukan Vulnerability Analysis dan Penetration Test. Yang tidak kalah keren adalah praktik teknik menggelar jaringan Fiber Optics.

Pakar teknologi Onno W Purbo pun menjadi salah satu pembicara yang membahas data analisis menggunakan TensorFlow dan Keras. “Diharapkan, peserta IT Camp 2019 mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang teknologi-teknologi baru tersebut, sehingga menjadikan mereka lebih kompetitif di dunia pendidikan maupun dunia kerja,” imbuhnya.

Selain Onno, pembicara lain yang turut serta mengisi acara IT Camp 2019 adalah Marsekal Madya Hari Pramono (TNI AU), Ismail Fahmi (PT. Media Kernel Indonesia atau Drone Emprit), Ari Tjahjanto (FiberStar), Bobby Pratama (GCR Indonesia).

Acep Syaripuddin, salah satu penggagas IT Camp 2019 sekaligus officer di ICT Watch, mengungkapkan acara ini dihadiri oleh 138 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, santri, peminat TI hingga profesional TI, bergabung dalam IT Camp 2019. “Peserta datang dari mana-mana. Paling jauh ada yang dari Manado dan Lombok. Mereka datang dengan biaya sendiri untuk belajar teknologi di sini,” ungkapnya.