Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

IVI, Printer 3D dengan Resolusi dan Presisi Tinggi

Pencetakan 3D sekarang ada di mana-mana, tuntutan atas kualitas cetak yang superior bersaing dengan hasil cetak printer 3D biasa. Kualitas permukaan yang lebih mulus, kestabilan yang lebih tinggi dan efisiensi cetak yang lebih tinggi menjadi ekspektasi dasar. IVI adalah printer 3D closed-loop yang mampu mencetak 3D dengan resolusi tinggi, ukiran laser, dan ukiran CNC.

Printer 3D pada umumnya mempunyai beberapa masalah. Masalah tersebut mencakup debug berjam-jam, kegagalan saat mencetak seperti kepala cetak yang macet dan lapisan yang bergeser. Selain itu alur kerja pun rumit dan tidak bisa diakses perangkat lunak yang mengoperasikannya. Nah, setelah lebih dari tiga tahun pengembangan dan pengujian, IVI telah memecahkan seluruh masalah tersebut.

Resolusi Super Tinggi

IVI mencapai keakuratan XYZ 15-mikron/0,015 mm, bahkan ketika kepala cetak berjalan pada 300 mm/detik. Kemampuan pengulangannya dijaga dalam 10 mikron/0,01 mm dan menggunakan sistem kendali closed-loop. Sistem teknologi eksklusif tersebut menjamin keandalan dan kemampuan pengulangan yang tidak paralel. Proyek yang membutuhkan waktu cetak lama pun bisa diselesaikan tanpa cela, contohnya adalah pencetakan Superman yang memakan waktu 118 jam.

Contoh hasil cetak Superman
Contoh hasil cetak Superman

Printer ini merupakan solusi hemat biaya yang ideal untuk membuat dan mewarnai model. Model yang dicetak dengan resolusi tinggi bisa diwarnai tanpa membutuhkan pemolesan dan pengikiran. Dengan demikian akan menghemat waktu dan mempertahankan detail yang halus sehingga model tampak hidup.

Fitur IVI
Fitur IVI
Related Posts
1 daripada 3

Kemampuan pengulangan yang super tinggi artinya kemampuan cetak IVI memiliki kualitas yang tak tertandingi. Bahkan pada kecepatan 300mm/detik, kemampuan pengulangan IVI masih dalam cakupan 10 mikron melalui gerakan yang rumit. Ini bisa dilakukan berkat motor Stepper 0,9° yang presisinya dua kali lipat dibandingkan motor stepper 1,8° pada printer 3D biasa. Rotasi langkah terkecil besarnya 0,9°, ini setengah dari motor 1,8°, sehingga meningkatkan kehalusan dan keakuratan.

sambungan bola tanpa celah
sambungan bola tanpa celah

Sambungan bola yang dipasang antara lengan cetak dan kepala cetak dan panduan linear juga ditingkatkan secara mekanis. Dengan demikian tak ada lagi celah antara bagian yang bergerak demi memastikan presisi yang tinggi. Kerja alat ini tanpa cela tanpa penurunan bahkan setelah ribuan jam mencetak.

Seluruh bagian yang bergerak dan struktur printer 3D ini dibuat dengan teknologi Computer Numerical Control (CNC). Pengujiannya pun dilakukan dengan mesin pengukuran koordinat Zeiss demi memastikan semua terpasang dan beroperasi pada standar setinggi mungkin.

Prosesor dan Fungsionalitas Printer 3D IVI

Prosesor dengan empat inti berkecepatan 1,2 GHz dan chip ARM 100 MHz 32-bit bekerja secara tandem untuk memastikan IVI lebih canggih 10 kali lipat dibandingkan printer 3D biasa. Kecerdasan ekstra memberikan pergerakan kurva yang superior dan resolusi XYZ (keakuratan 15 mikron/0,015 mm).

Bagi yang tertarik, bisa turut mendukung proyek pembuatan printer 3D IVI ini di Kickstarter.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.