Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bisnis Esports Menggairahkan, Komponen Gaming Makin Inovatif

Tren gaming memang semakin serius, bahkan sampai dijadikan esports yang dipertandingkan pada ajang Asian Games. Nah, menariknya bisnis ini, membuat vendor komponen pun semakin kreatif membesut aksesoris dan komponen gaming. Demi memenuhi selera gamer pun kini segala komponen dibuat dapat berpendar menyala warna warni.

Pada ajang Build Your Gaming Empire, PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menggandeng beberapa brand komponen gaming. Brand tersebut antara lain adalah Intel, Thermaltake, msi, Nvidia, Seagate, Inno3D, ViewSonic, dan HyperX.

Komponen gaming yang tersedia cukup lengkap, mulai dari prosesor, storage, RAM, motherboard, kartu grafis, casing, pendingin, dan catu daya. Semua dealer dan mitra yang membeli produk-produk dari brand tersebut juga bisa dibantu untuk melakukan instalasi.
Baca juga: MIX 360 Esports Kembangkan Ekosistem Olahraga Elektronik Indonesia

Intel

Tak hanya sebagai distributor komponen gaming, SMI pun ditunjuk menjadi authorized distributor Intel untuk lima segmen yang terdiri dari:

  • Client Computing Group (CCG) untuk PC
  • Non-Volatile Solution Group (NSG) untuk prosesor dan memori
  • Data Center Group (DCG) untuk server
  • Internet of Things Group (IoTG)
  • Branded Product Distributor.
Intel NUC Kit
Intel NUC Kit

Salah satu produk gaming Intel yang istimewa adalah NUC Kit. Produk ini memiliki ukuran kecil yang kecil, namun kinerjanya sangat luar biasa. Bila ingin bermain bisa dihubungkan ke TV atau monitor. Port yang tersedia pada perangkat tersebut memang cukup lengkap, ada dual LAN, Thunderbolt dan HDMI.

ViewSonic

ViewSonic merupakan vendor monitor yang kategorinya lengkap. Kategori tersebut mencakup value monitor entertainment monitor, gaming monitor, dan touch screen monitor. Salah satu gaming monitor ViewSonic adalah Elite Series yang memiliki port HDMI di bagian belakang. Kerennya monitor tersebut bisa disinkronkan dengan asesori yang dipakai gamer contohnya mouse atau keyboard RGB dari Thermaltake. Dengan demikian warnanya bisa disinkronkan dengan monitor sehingga bisa berpendar dengan warna senada.

Monitor ViewSonic
Monitor ViewSonic

Seagate

Seagate menyediakan jajaran storage yang lengkap, pilihannya terdiri dari Barracuda, Firecuda, Skyhawk, dan Ironwolf. Firecuda adalah harddisk khusus gaming yang hybrid, yaitu perpaduan antara SSD dan harddisk biasa, sehingga berkecepatan tinggi tapi kapasitasnya besar. Firecuda sangat direkomendasikan bagi gamer karena biasanya suka menyimpan game berukuran besar, tetapi membutuhkan kecepatan tinggi.

Storage Seagate
Storage Seagate
Related Posts
1 daripada 11
Storage Seagate
Storage Seagate

Thermaltake

Thermaltake menyediakan komponen casing dan catu daya. Kini casing memiliki desain berwarna warni yang bisa dikendalikan dengan perangkat lunak sendiri. Warna dan putaran bisa diatur sesuai selera. Thermaltake juga memiliki produk asesori berupa keyboard, mouse, headset gaming, kipas RGB, liquid cooling, mouse pad dan lain-lain.

Komponen Gaming Thermaltake
Komponen Gaming Thermaltake

Komponen Gaming Motherboard dan Kartu Grafis

Tak hanya notebook, MSI juga menyediakan komponen motherboard dengan warna warni menyala dan dilengkapi pendingin. Kini dengan keberadaan casing yang transparan, tentu motherboard pun harus sedap dipandang dengan warna-wana menyala yang keren.

Nvidia

SMI juga menjadi authorized distributor bagi NVIDIA, baik di sistem maupun komponen bisnis. Pada kategori sistem, produk yang didistribusikan adalah notebook dan PC gaming berbasis Nvidia. Sementara untuk komponen, produknya adalah kartu grafis Nvidia. MSI merupakan salah satu penyedia kartu grafis dengan line up yang lengkap, mulai dari RTX maupun GTX yang terbaru, yaitu seri 16. Selain itu tersedia juga solusi kartu grafis dari Inno3D yang lengkap, mencakup RTX 2080, 2070, dan 2060. Selain itu tersedia juga seri 16, yaitu 1660 Ti dan 1660.

Inno3D
Inno3D

PC Symetri

Bermodalkan komponen dari semua vendor tersebut, SMI juga membuat PC kustom sesuai konfigurasi yang diinginkan pengguna. Salah satu PC kustom tersebut adalah Symetri PC yang merupakan PC terbaru dari SMI. PC tersebut menggunakan casing dari Thermaltake, motherboard MSI dan komponen lain, tanpa membutuhkan komponen dari distributor lain. Gamer bisa menggunakan PC tersebut dengan harga mulai dari Rp33 jutaan yang dilengkapi dengan Intel Core i7 dan RTX 2070.

PC Symetri untuk Casual Gamer
PC Symetri untuk Casual Gamer

Sementara itu PC Symetri PC untuk casual gamer atau content creator bisa dibandrol lebih murah, mulai Rp19 jutaan. Komponennya terdiri dari casing transparan, Intel Core i5, kartu grafis 1660 Ti, Harddisk 2 TB dan SSD. PC kustom lainnya, yang lebih murah adalah solusi untuk iCafe. Komponennya terdiri dari prosesor Pentium Gold G5400 dan kartu grafis 1050Ti, harga yang dibandrol hanya Rp5,99 juta. Semua konfigurasi tersebut bisa dikustom lebih murah atau lebih mahal, tergantung spesifikasi.

PC Symetri untuk iCafe
PC Symetri untuk iCafe

SMI memiliki ekosistem untuk menyediakan solusi bagi semua kalangan, baik gamer profesional, gamer casual, content creator, iCafe dan lain-lain. Semua produk yang dijual SMI legal dan resmi, sehingga kualitas terjaga dan garansinya dijamin vendor langsung. Tersedia juga call center dan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.