Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Aplikasi Komuter Kini Dilengkapi Fitur Podcast dan Host Stasiun

Di tengah kemacetan Jakarta yang semakin menggila, naik angkutan umum menjadi pilihan yang tepat. Tapi biar nggak bosan selama di perjalanan, lebih asyik sambil mendengarkan podcast. Inilah yang kemudian dihadirkan pada versi terbaru aplikasi Komuter.

Oke, bagi kamu yang masih belum terlalu familiar, Komuter adalah aplikasi jadwal kereta yang dibuat pertama kali oleh Gage Batubara pada tahun 2013. Sempat tidak terurus, kemudian pada tahun 2018 kembali dilakukan pembaruan fitur, termasuk social network, agar pengguna bisa semakin betah mengakses aplikasi ini.

Belum lama ini, aplikasi Komuter diperbarui lagi yang sekarang menginjak versi 2.10. Fitur baru yang dihadirkan adalah memungkinkan pengguna untuk mendengarkan podcast langsung dari aplikasi dan menjadi Host di stasiun yang sering dikunjungi.

Mengapa Podcast? Pihak Komuter melansir survei yang dirilis oleh DailySocial tahun 2018 mengenai podcast. Survei tersebut menunjukkan bahwa pendengar podcast di Indonesia didominasi usia 20-25 tahun sebesar 42,12 persen dan diikuti oleh kelompok usia 26-29 tahun dan 30-35 tahun. Dari laporan tersebut, diketahui pula bahwa 36 persen responden mendengarkan podcast selama dalam perjalanan (commuting).

Baca juga: Waze Jadi Aplikasi Favorit Pengendara Selama Mudik 

Fitur Aplikasi Komuter

aplikasi komuterKomuter dirancang sebagai aplikasi jejaring sosial untuk mengecek jadwal kereta Commuter Line dan MRT Jakarta. Selain menyediakan jadwal, di aplikasi ini pengguna juga bisa berinteraksi sesuai dengan lokasi stasiun.

Fitur interaksi ini agar pengguna bisa memberikan informasi terkini apabila terjadi kendala pada moda transportasi atau di stasiun setempat. Fitur ini juga memudahkan pelaju untuk bisa berinteraksi dengan pengguna layanan transportasi publik dari stasiun yang sama.

Selanjutnya untuk fitur Podcast bisa diakses melalui menu Eksplor. Di sini, pengguna bisa mendengarkan podcast sesuai dengan topik yang diminati tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Podcast yang tersedia saat ini adalah hasil kurasi dari tim editor yang dipilih setiap minggunya. Jenis podcast yang ditampilkan bervariasi, mulai dari membicarakan transportasi publik, gaya hidup, hingga hobi dan self-development.
Baca juga: Podcast: Efek Perang Dagang Amerika vs China di Industri Teknologi

Gage Batubara, Founder Komuter, mengungkapkan bahwa penambahan fitur Eksplor akan terus dikembangkan. Pada saat ini, Komuter baru mampu mengakomodir podcast, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan, Komuter akan berkolaborasi dengan pihak lain untuk mengakomodir kebutuhan lain seperti penambahan artikel atau informasi yang menarik dan bermanfaat bagi para pelaju atau para commuter.

Fitur lain yang diluncurkan pada Komuter 2.1.0 adalah pemberian badge “Host” kepada user yang menjadi admin di stasiun yang sering dikunjungi. Admin ini bertugas menjaga kenyamanan pengguna dalam berinteraksi serta memberi informasi terkini di masing-masing stasiun. Host juga memiliki wewenang untuk menghapus postingan jika dirasa membahayakan dan bermuatan SARA. Untuk saat ini badge Host diberikan kepada pengguna terpilih, tapi ke depannya badge Host ini bisa didapatkan pengguna dengan mengumpulkan poin.

“Dengan ditambahkannya fitur-fitur baru di Komuter, kami berharap para pengguna transportasi publik dapat lebih mudah menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan sehingga membuat perjalanan mereka menjadi lebih nyaman,” ujar Gage.

Kamu ingin mencobanya? Untuk saat ini, aplikasi Komuter baru tersedia tersedia bagi para pengguna perangkat iOS yang dapat diunduh langsung melalui Apps Store. Sementara untuk versi Android, harap bersabar karena masih dalam tahap pengembangan.