Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Tiga Prioritas YouTube untuk Dukung Kreativitas Kreator Konten

Bercermin pada pertumbuhan yang pesat pada tahun 2018, Susan Wojcicki sebagai CEO YouTube menyampaikan fokus layanan video streaming tersebut pada tahun ini. Demi terus tumbuh bersama, maka YouTube akan meprioritaskan kreativitas kreator konten pada layanannya. Di tahun 2018, channel dengan satu juta subscriber memang mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.

Kreator konten dengan penghasilan lima dan enam digit jumlahnya meningkat lebih dari 40%. YouTube pun antusias dengan perkembangan pesat ekonomi kreator tersebut. Demi terus tumbuh secara bertanggung jawab, YouTube telah menerapkan perubahan pada produk dan kebijakan mereka. Perubahan tersebut mencakup kartu insformasi, kanal breaking news dan konsekuensi bagi kreator yang merugikan kepercayaan pengguna dan pengiklan.

Baca juga: Versi Terbaru Aplikasi YouTube Kids Lebih Ketat Awasi Konten Video

Berikut ini adalah tiga prioritas YouTube di tahun 2019

1. Mendukung kreativitas kreator konten

YouTube 1. Mendukung keberhasilan para kreator dan artis

YouTube mengembangkan pengklasifikasian dan meningkatkan keakuratan ikon monetisasi sebesar 40% demi membuat keputusan monetisasi yang tepat pada tiap video. Jika terjadi kesalahan keputusan, maka kreator bisa meminta pertimbangan ulang.

Kini content creator pun bisa memperoleh pendapatan selain dari iklan melalui cara-cara baru yang dibangun YouTube. Batasan jumlah pelanggan untuk keanggotaan kanal pun diturunkan menjadi 30 ribu agar lebih mudah.

2. Meningkatkan komunikasi dan keterlibatan

YouTube 2. Meningkatkan komunikasi dan keterlibatan
Di tahun 2019 ini, YouTube memperkenalkan YouTube Studio, suatu basis baru yang tersedia bagi semua kreator. Beberapa hal baru seperti Isu-isu Umum, News Widget dan metrik-metrik baru seperti hitungan klik Thumbnail dan opsi Merchandise pun dikembangkan. YouTube menyediakan fitur Stories bagi kreator yang memiliki lebih dari 10 ribu subscriber. Sementara itu bagi channel dengan subscriber lebih dari 1000 disediakan fitur Community posts.

Related Posts
1 daripada 265

Demi pemberikan pengalaman yang lebih baik, YouTube meningkatkan perinkat komen, menambahkan @ mention dan membuat fitur untuk meninjau komen-komen yang tak pantas dalam sepuluh bahasa.

3. Memenuhi tanggung jawab kepada kreator dan pengguna

YouTube 3. Memenuhi tanggung jawab kepada kreator dan pengguna

YouTube memprioritaskan dukungan bagi komunitas jurnalisme demi memberikan pengalaman terbaik pengguna saat berkunjung. Hal ini karena sudah banyak yang berkunjung ke YouTube untuk mendapatkan berita.

Pada musim panas lalu, Google mengumumkan mengenai program pendanaan Google News Initiative YouTube Innovation . Setelah menerima proposal dari ratusan organisasi, Google menyalurkan dana untuk membangun kapabilitas video ke 87 penerima.

Tahun 2019 ini, YouTube akan terus mengembangkan kanal Breaking News dan Top News. Konten-konten yang melanggar ketentuan komunitas pun akan segera disingkirkan dengan cepat dan efektif sesuai laporan yang diterima.

Segala kebijakan yang mempengaruhi para kreator akan dikomunikasikan secara lebih baik lagi. Saat ini panduan kebijakan mengenai thumbnail buatan sendiri, tautan eksternal, lelucon dan tantangan sedang diperbarui bagi kreator.

Cara YouTube menangani kata-kata yang tak senonoh pun telah tercakup dalam channel Creator Insider. Tentunya di bulan-bulan ke depan akan lebih banyak lagi pembaruan yang dilakukan.

Di bulan Februari 2019 ini, akan diselenggarakan EduCon di Inggris. Sebelumnya telah ada empat konferensi EduCon di tahun 2018 yang melibatkan 450 kreator di Amerika Serikat, Brazil, Meksiko dan India.

Tahun 2018 yang lalu memang merupakan tahun perubahan, tantangan, dan juga kesempatan. Maka dari itulah Susan yakin tahun ini pun kurang lebih akan sama. YouTube berharap akan terus mendapat masukan dari kreator dan pengguna agar bisa menjadikan YouTube komunitas video terbaik. Susan yakin bahwa komunitas kreator juga yang membuat YouTube menjadi istimewa.

FYI, Gizmologi juga mempunyai kanal di Youtube lho. Kamu bisa subscribe di tautan ini untuk mendapatkan video ulasan terbaru seputar gadget dan teknologi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.