Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Layanan Data Topang Kenaikan Pendapatan Kotor XL Axiata 2017

Layanan data menjadi kontributor utama terhadap bertambahnya pendapatan bruto PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hingga 7% selama 2017 dibandingkan 2016. Hingga akhir 2017, firma telekomunikasi ini membukukan pendapatan kotor Rp22,9 triliun, naik 7% year-on-year dibandingkan raihan 2016.

Dalam siaran pers yang kami terima akhir pekan lalu, XL Axiata mengungkapkan bertambahnya pendapatan kotor tersebut didorong oleh meningkatnya pendapatan layanan atau service revenue hingga 10%. Jumlah pelanggan XL Axiata pun kini mencapai 53,5 juta, bertambah 15% year-on-year dengan komposisi 52,8 juta merupakan pelanggan prabayar sedangkan 700 ribu adalah pelanggan paska bayar.

Sementara itu, earnings before interest, tax, depreciation and amortization atau EBITDA dalam periode satu tahun hingga akhir 2017 turut bertambah 3% year-on-year menjadi Rp8,3 triliun berkat bertumbuhnya pendapatan. Dengan demikian, neraca keuangan perusahaan pun tetap kuat dengan tingkat rasio utang terhadap EBITDA dalam posisi yang aman, yakni 1,5x.

Capaian XL Axiata ini terutama disumbang oleh tiga hal, yakni tepatnya strategi “Dual Brand’, terus berlanjutnya perluasan jaringan ke daerah dengan permintaan tinggi dan pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan,”Pencapaian sepanjang 2017 ini menunjukkan transformasi bisnis yang kami lakukan sejak 2015 sudah tepat dan berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan. Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan, yang saat ini mencapai 69% dari tahun sebelumnya sebesar 48%.”

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini

Strategi “Dual Brand”, yakni “XL” dan “Axis” disebut berhasil sebab jumlah pelanggan yang memakaismartphone dan traffic layanan data sama-sama meningkat. Brand “XL” dapat membangun daya tarik dan meraih kepercayaan diri dari kalangan pekerja, baik kantoran mau pun sektor informal. Sedangkan brand “AXIS” sukses meraup minat kalangan anak muda.

Related Posts
1 daripada 15

Sebanyak 38,3 juta pelanggan XL atau 72% dari total pelanggan telah memakai smartphone. Angka tersebut bertambah 32% dari raihan tahun lalu seiring dengan terus membaiknya mutu layanan data dan pembangunan jaringan data. Hingga akhir 2017, 73% dari total pelanggan aktif memakai layanan data, yang berimbas pada naiknya lalu lintas layanan data hingga dua kali lipat atau naik 148% year-on-year.

Dari segi jaringan, jaringan 4G LTE XL Axiata kini telah menjangkau 360 kota/kabupaten di seluruh Indonesia berkat dukungan lebih dari 17 ribu BTS 4G dan hampir 46 ribu BTS 3G. Jumlah BTS XL Axiata hingga akhir 2017 mencapai 101.094 BTS, bertambah 20% year-on-year. Selama 2017, XL Axiata telah mendirikan lebih dari 16 ribu BTS. Kawasan di luar pulau Jawa mendapat perhatian yang besar, dimana 60% dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017 dilakukan di luar pulau Jawa.

Pembangunan jaringan di luar pulau Jawa telah meningkatkan mutu layanan data. Tak mengherankan sepanjang tahun lalu pun terdapat penawaran paket layanan inovatif penuh manfaat yang disambut secara baik oleh pelanggan. Lalu lintas data untuk pelanggan di luar pulau Jawa pun naik secara signifikan.

Beberapa produk layanan data inovatif dengan tawaran keuntungan lebih baik telah dapat dirasakan baik pelanggan XL mau pun AXIS. Bagi pengguna XL, ada paket “XTRA COMBO” dengan kuota YouTube selain kuota data dasar, kuota 4G bonus dan alokasi menit Any-Net. Ada pula paket “Xtra Combo PRIMA” dan paket kartu perdana “XL Super Ngobrol”, dimana paket “XL Super Ngobrol” memberikan tawaran panggilan on-net gratis tanpa batas dan SMS untuk pelanggan baru.

Buat pelanggan AXIS, 2017 menandai peluncuran paket “AXIS HITZ” yang memberikan manfaat berupa akses sepuasnya untuk memakai layanan percakapan WhatsApp, LINE dan BlackBerry Messenger. Ada pula voucherAXIS Internet On The Go atau AIGO yang lebih memudahkan pelanggan melakukan reload dimana saja tanpa perlu khawatir tidak menemukan toko penjual pulsa atau paket data atau saat pulsa habis. Voucher ini dapat dipakai untuk mengisi paket data selama masih aktif.

Pengguna XL dapat memanfaatkan program bundling dengan paket XTRA Combo dimana program ini memungkinkan pelanggan XL memperoleh smartphone dengan harga lebih murah. Caranya adalah pelanggan akan mendapat cash back dari paket XTRA Combo yang nantinya bisa dipakai sebagai potongan harga dalam membeli smartphone.

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More