Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Layar OLED LG G8 Bikin Kualitas Suara Makin ‘Nendang’

Kualitas makin bagus, tapi ...

Harus diakui, smartphone flagship vendor Korea Selatan ini terbilang punya keunggulan di sisi audio. Makanya, LG G8 ThinQ dihadirkan dengan keunggulan yang anti mainstream di sektor ini.

Ya, berdasarkan bocoran yang diberitakan PhoneArena, Kamis (14/2/2019), LG G8 ThinQ dipersenjatai fitur Crystal Sound OLED (CSO). Dengan fitur ini memungkinkan panel layar OLED yang dimiliki bisa menggetarkan kualitas suara yang lebih ‘nendang’.

Katanya sih fitur tersebut dihadirkan supaya pengalaman nonton video, mendengarkan musik, dan bermain game online jadi lebih imersif tanpa menggunakan headphone. Keluaran suara dihentakan dari speaker yang berada di bagian bawah dengan bass yang impresif dan dibantu perantara layar OLED di bagian atas. Teknologi ini membuat desain LG G8 ThinQ terlihat lebih minimalis dan clean tanpa tombol dan rongga apa pun di bagian layar.

Smartphone flagship ini juga memiliki fitur DTS:X 3D Surround Sound yang akan memberikan pengalaman audio dengan channel 7.1 yang bisa dinikmati dengan atau tanpa earphone. Lebih canggihnya, perangkat ini juga tetap bisa membawa keluaran suara berkelas sekalipun sedang streaming dengan kuota data internet yang minim berkat adanya teknologi Hi-Fi Quad DAC dan Master Quality Authenticated (MQA).

Selain itu, LG G8 ThinQ juga membawa speaker Boombox yang memberikan keluaran suara yang ngebass seperti yang pernah dihadirkan pada LG G7 ThinQ. Dengan meletakkan perangkat ini di meja, maka keluaran suara terasa “tebal” seperti perangkat Hi-Fi.

LG G8
Ilustrasi keluaran suara pada LG G8 ThinQ (foto: PhoneArena).

 

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan audio dengan tingkat terbaru di atas layar LG G8 ThinQ. Dengan mengembangkan teknologi yang bekerja sama dengan mitra terbaik di industri audio, LG akan terus memberikan kualitas suara yang pengguna inginkan dan pantas dapatkan,” ujar Chang Ma, Senior Vice President and Head of Product Strategy LG Electronic Mobile Communications.

Related Posts
1 daripada 23

Memang nggak bisa dibantah sih, LG tergolong agresif dalam menghadirkan fitur audio kelar jawara di perangkat flagship-nya. Hal ini dimulai dengan adanya perangkat tambahan modul Hi-Fi Quad DAC Bang  & Olufsen yang memberikan keluaran suara berkualitas 32-bit pada perangkat LG G5 yang kemudian fitur ini menjadi built-in di perangkat LG G6 dan G7.

LG G8 Makin Mahal

Untuk spesifikasi lainnya, LG G8 ThinQ akan memiliki layar seluas 6,1 inci beresolusi 1440 x 3120 QHD+ dengan bezel tipis dan beraspek rasio 19,5:9. Untuk jeroannya, smartphone ini diduga akan ditenagai chipset Snapdragon 855, RAM 6 GB dan internal storage 128 GB, serta baterai 3.400 mAh.

Selain berjalan dengan OS Android 9 Pie, smartphone jagoan terbaru LG ini akan tetap membawa sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan debu dan air. Sepertinya untuk fitur ini memang sudah menjadi standar baru untuk smartphone flagship.

LG G8 ThinQ
Bocoran desain LG G8 ThinQ yang beredar di dunia maya.

 

Bicara soal harga jualnya, LG G8 ThinQ akabarnya bakan dijual seharga US$ 900 di Amerika Serikat atau sekitar Rp 12,5 juta. Tentu saja harga ini lebih mahal dan menjadi paling mahal dari seri G, mengingat LG G7 dibanderol US$ 799 atau sekitar Rp 11,2 juta ketika pertama kali diperkenalkan di pasar.

Namun, berapapun harganya, yang jadi teka-teki adalah: apakah smartphone ini akan dijual ke Indonesia? Mengingat rumor yang beredar mengatakan vendor ini memilih pamit dari pasar smartphone, meskipun ada bantahan tegas.

Ya, kita lihat saja nanti. Apakah LG G8 ThinQ benar-benar datang ke Indonesia atau tidak. Yang pasti, kita sih berharapnya harga smartphone ini nggak mahal-mahal banget. Betul kan, Gizmolovers?