Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Makin Paten, Oppo Patenkan Desain Layar Pop-up

Oppo adalah salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang konsisten dalam bereksperimen dengan desain perangkatnya. Demi menyingkirkan poni pada layar, sebagian besar usaha dilakukan dengan menyembunyikan kamera swafoto dengan berbagai cara. Nah, kabarnya Oppo justru menambah layar dengan desain pop-up. Hal ini terungkap dari pengajuan paten oleh Oppo yang berisi desain layar pop-up.

Sebenarnya desain pop-up sudah diadopsi Oppo pada beberapa seri sebelumnya. Pada Oppo Find X, seluruh bagian atas smartphone bergerak naik dan turun untuk memunculkan kamera depan dan kamera belakang. Baru-baru ini Oppo F11 Pro pun memiliki mekanisme pop-up kecil untuk kamera swafoto.

Paten Layar Pop-Up Oppo

Berdasarkan pengajuan paten yang dilakukan Oppo ke World Intellectual Property Organization (WIPO), Oppo akan membuat desain layar pop-up. Pada desain tersebut, layar kedua akan muncul dari belakang layar utama smartphone. Pendaftaran paten tersebut ditemukan oleh LetsGoDigital dan gabungan foto-fotonya adalah sebagai berikut.

Related Posts
1 daripada 359
Paten Layar Pop-Up Oppo
Paten Layar Pop-Up Oppo

Gambar tersebut memperlihatkan bahwa kamera depan tetap berada di bezel atas layar utama. Sementara layar kedua berfungsi sebagai kendali ketika bermain game atau menonton video dalam layar penuh. Jadi masuk akal mengapa layar ditempatkan di tempat salah satu tangan berada ketika melakukan kegiatan bermain game atau nonton film.

Sepertinya justru lebih berguna jika layar pop-up menghadap ke belakang, jadi bisa dipakai swafoto dengan kamera utama. Walau mungkin tak mengejutkan jika ada paten lain dengan varian tersebut.

Selain itu tersedia juga paten Oppo dengan desain lain, yaitu layar kedua yang digeser dari samping di belakang layar utama. Desain tersebut mirip dengan keyboard fisik geser yang ada pada banyak ponsel di masa lalu. Tampaknya solusi ini lebih praktis, karena layar kedua menawarkan fleksibilitas dan tak sebesar layar di bagian atas.

Penerapan perangkat lunak sangat penting agar layar tambahan tersebut bisa berfungsi, jika Oppo benar-benar memproduksi desain tersebut tentunya. Pastinya akan lebih seru jika ada banyak smartphone dengan desain unik. Semakin banyak, akan semakin meriah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.