Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

LG G7 ThinQ Mulai Kebagian Update Android 9 Pie, Tapi …

Biar telat asal selamat?

Buat kamu pengguna LG G7, tentunya ini merupakan kabar gembira. Bagaimana tidak, mengingat setelah hampir setahun Android 9 Pie dirilis Google, akhirnya bisa dinikmati di perangkat tersebut.

Hal ini diungkap oleh beberapa pengguna LG G7 di Reddit, Selasa (5/6/2019) lalu yang memposting screenshoot dari notifikasi mengenai ketersediaan update Android 9 Pie di perangkatnya yang menggunakan jaringan operator Verizon dan Metro di Amerika Serikat. Beberapa pengguna di Eropa juga dikabarkan mendapatkan update yang sama.

LG G7

Mengingat Android 9 Pie dirilis sejak Agustus tahun lalu, tentu saja update ini terbilang lambat. Meskipun begitu, hal ini merupakan angin segar tersendiri bagi pengguna LG G7 yang mulai sudah tidak sabar mencicipi manisnya software anyar tersebut.

Lalu bagaimana dengan pengguna LG G7 di Indonesia? Mungkin harus sedikit bersabar mengingat LG belum lama ini menyatakan bahwa sistem operasi Android 9 Pie akan dihadirkan di bulan-bulan pertama tahun 2019. Memang meleset dari perkiraan, tapi dengan adanya update yang mendarat di Amerika dan Eropa, sepertinya tak lama lagi update yang sama juga akan sampai ke Indonesia.

Keterlambatan ini memang sungguh ironis bagi LG termasuk pengguna perangkat flagship-nya. Mengingat jika mundur waktu ke belakang, vendor ini pernah mendapatkan keistimewaan dari Google karena LG G3 menjadi perangkat non-Nexus pertama yang mencicipi Android 5.0 Lollipop di tahun 2014 silam.

“LG berkomitmen memberikan pengalaman mobile terbaik untuk para penggunanya dengan menyediakan Android Lollipop untuk pemilik G3 sesegera mungkin,” ujar Jong-seok Park, Presiden LG Mobile kala itu.

Related Posts
1 daripada 341

Terus Merugi

Performa penjualan perangkat smartphone LG memang bisa dikatakan sudah tidak baik lagi. Ketika perangkat elektroniknya masih menguntungkan, tidak begitu dengan perangkat mobile.

Ya, bisnis LG di dunia smartphone memang terus merugi dalam empat tahun terakhir. Bahkan dalam laporan keuangan tahun 2018, kerugian yang diderita LG Mobile mencapai sekitar US$ 700 juta atau sekitar Rp 9,9 triliun.

Dengan adanya kerugian tersebut, tak heran jika rumor mengenai pamitnya LG dari pasar smartphone berhembus kencang. Bahkan vendor Korea Selatan ini sudah tidak lagi kelihatan eksistensinya di pasar smartphone Indonesia tak lama setelah G7 diluncurkan. Jadi, tak heran jika tanda-tanda kehadiran LG G8 di negeri ini belum kelihatan “hilal”-nya sama sekali.

LG G7

Namun, rumor yang mengatakan LG akan tarik diri dari pasar smartphone dibantah oleh Qiao Yujin, CEO LG Electronics. Menurutnya, bisnis smartphone yang dimiliki LG berperan sangat vital dalam membangun ekosistem Internet of Things (Iot).

“Kami saat ini sedang membangun ekosistem IoT yang diterapkanpada mobil hingga smartphone. Sebab itu kami belum mempertimbangkan keluar dari bisnis smartphone,” tegasnya.

Nah, apakah dengan performa penjualannya yang memburuk dari tahun ke tahun mampu membuat LG bertahan di pasar smartphone? Kita nantikan saja, apakah vendor ini bakal melakukan “pembalasan” untuk mengembalikan kejayaannya di masa penjualan LG G2 yang laris manis.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.