Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rambah Bisnis Fintech di Tanah Air, LINE Financial Akuisisi Bank KEB Hana

LINE Corporation melebarkan sayap di pasar financial technology nasional usai menjadi salah satu platform chatting gratis terpopuler di tanah air. LINE Akuisisi Bank KEB Hana  menjadi langkah perdana kiprahnya merambah segmen perbankan digital di Indonesia.

Aksi korporasi tersebut dilakukan melalui LINE Financial Asia, anak usaha LINE, atas 20% saham PT Bank KEB Hana (PT Bank KEB Hana).LINE Financial Asia menjadi membuat firma ini akan memegang saham terbesar kedua di PT Bank KEB Hana.

Kendati Bank KEB Hana beroperasi di Indonesia, namun prosesnya dilakukan di Seoul pada 26 Oktober 2018, karena bank tersebut berkantor pusat di Korea. Dengan LINE akuisisi Bank KEB Hana diharapkan bisa memperkuat cengkeraman keduanya di pasar fintech tak hanya di Indonesia tetapi juga di wilayah Asia lainnya.

Dengan LINE akuisisi Bank KEB Hana, diharapkan ragam layanan dan konten di platform social messenger tersebut akan lebih banyak. Sementara bagi PT Bank KEB Hana, akuisisi LINE Financial Asia atas korporasinya dapat membuka peluang meraup lebih banyak nasabah potensal dari basis pengguna LINE yang besar di Indonesia.

Selain itu, juga memperkuat kemampuan pemasaran digital PT Bank KEB Hana melalui kekuatan merk, teknologi, konten dan ketrampilan LINE.

PT Bank KEB Hana merupakan bank asal Korea Selatan yang sudah berdiri di Indonesia sejak 1971. Foto oleh infobanknews.com
Related Posts
1 daripada 233

Baik LINE Financial Asia dan PT Bank KEB Hana berencana menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit untuk Indonesia, seperti deposito/kredit mikro, layanan pengiriman dan pembayaran, melalui proyek dengan lembaga pemeringkat kredit lokal dan internasional.

​“Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia,” ujar CEO LINE Financial Asia In Joon Hwang.

“Perjanjian ini merupakan langkah yang penting dalam menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech kami.”

​​“Kami percaya bahwa teknologi digital canggih LINE dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model financial baru yang dimulai di Indonesia,” ucap Direktur Utama PT Bank KEB Hana Lee Hwa-Soo.

Aksi LINE akuisisi Bank KEB Hana tersebut akan secara resmi rampung setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan segera mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diperkirakan tersedia pada 2019.

Baca juga: Fitur Baru LINE Membidik Layanan Travel, Game, Hingga Pembayaran

Pembelian saham LINE Financial Asia tersebut dengan melihat pangsa pasar yang masih terbuka lebar di tanah air dimana masih banyak penduduk yang hingga kini belum terjangkau layanan perbankan sementara jumlah pengguna ponsel pintar telah melebihi 100 juta orang, terutama yang mengakses media sosal.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More