Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Riset Mbiz.co.id: Pengadaan Jasa Kuasai 80% Aktivitas Procurement di Indonesia

Era ekonomi digital menuntut setiap pelakonnya agar kreatif dalam menjaring pelanggan. Salah satu yang menjadi fokus pelaku e-commerce adalah membenahi pengadaan jasa sehingga tak heran aktivitas yang satu ini begitu mendominasi aktivitas perusahaan di tanah air selama semester pertama 2018.

Hasil riset dari Mbiz.co.id baru-baru merilis fakta bahwa pengadaan jasa menguasai 80% dari kegiatan pengadaan perusahaan nasional seiring dengan ketatnya kompetisi antar pelaku usaha. Hanya 20% yang merupakan pengadaan untuk barang. Perusahaan yang bergerak di sektor Fast-Moving Consumer Goods atau FMCG menjadi pelaku usaha yang paling sering melakukan pengadaan jasa.

Rizal Paramarta, CEO Mbiz.co.id, mengatakan sektor ekonomi konvensional turut menyaksikan sengitnya kompetisi dimana pelaku segmen ini dituntut untuk menjalankan program pemasaran efektif guna keberlangsungan bisnis.

“Kreativitas untuk memikat konsumen dalam aktivasi pemasaran banyak diyakini sebagai salah satu kunci keberhasilan pemasaran, terutama untuk mendukung penjualan produk-produk consumer. Tidak mengherankan pengadaan jasa terkait aktivitas pemasaran mendominasi kegiatan tim procurement di perusahaan-perusahaan di Indonesia pada tahun ini,” kata Rizal.

Baca juga: Fashion Jadi yang Paling Dicari Konsumen Selama Belanja Online 2017

Jenis servis yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia selama setahun ini sangat beragam. Kebutuhan terhadap layanan customized item menjadi yang paling tinggi. Perusahaan FMCG maupun perusahaan rintisan berbasis digital yang memiliki produk atau layanan yang harus disosialisasikan banyak mencari dan menggunakan barang promosi untuk memperkenalkan produk mereka serta kegiatan yang berkaitan dengan konsumen mereka.

“Selain itu, jasa penyediaan manpower menjadi jasa yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di tahun ini. Kebutuhan di bidang jasa ini beragam, dari jasa layanan kebersihan, jasa tim keamanan, hingga jasa penyediaan Sales Promotion Girl (SPG),” katanya.

Ia menambahkan mall menjadi jenis usaha yang paling membutuhkan jasa SPG. Sedangkan untuk tahun ini, kebutuhan jasa yang paling menonjol adalah jasa untuk call center, asuransi, dan jasa pemeliharaan gedung, imbuhnya.

Sementara untuk kebutuhan pengadaan barang, jenis-jenis produk yang dibutuhkan tidak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yang mencakup pengadaan komputer – desktop PC maupun notebook untuk kebutuhan kantor. Selain itu, ada pula pengadaan barang untuk kendaraan operasional, seperti motor dan mobil maupun truk, dan perlengkapan kantor sehari-hari, seperti bangku dan kursi.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: