Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mbizmarket Integrasikan Marketplace B2B dengan Solusi e-Procurement

Setelah berhasil menyediakan solusi e-procurement, platform marketplace untuk korporat Mbiz kembali membuat terobosan dengan meluncurkan Mbizmarket. Layanan ini mengintegrasikan marketplace B2B dengan solusi total e-procurement yang lengkap dan menyeluruh.

Beroperasi sejak 2016, Mbiz dengan mendigitalisasi procurement demi mengatasi masalah-masalah yang biasa dihadapi pada proses pembelian atau pengadaan barang. Sehingga proses pengadaan barang di perusahaan menjadi lebih transparan dan efisien.

Karena terkadang walau perusahaan mampu memproduksi atau menyediakan layanan dengan cepat, justru pengadaan barang keperluan kerja kantornya sendiri memakan waktu lama.  Hal ini dikarenakan proses berbelit pada procurement yang mencakup perbandingan harga, tender, pemutusan pemenang tender, dan lain-lain. Mbiz mengatasi masalah tersebut dengan proses digital sehingga proses berjalan lebih efisien dan mulus.
Baca juga: Perkuat B2B Commerce, Bhinneka Tawarkan eProcurement Efisien

Tantangan Proses Procurement Konvensional
Tantangan Proses Procurement Konvensional

Mbizmarket Mengatasi Kendala Pada Proses Procurement

Masalah utama yang dihadapi dalam proses procurement adalah kurangnya transparansi yang akan menimbulkan masalah-masalah lain, misalnya inefisiensi dan kebocoran. Proses pengadaan yang berbelit-belit dan waktu yang lama pun disebabkan oleh kurangnya transparansi. Kedua hal ini dapat diatasi dengan solusi digital Mbiz yang memberikan transparansi dan kebebasan informasi mengenai proses pengadaan. Solusi Mbiz melakukan otomatisasi dengan platform digital.

Sistem Procurement Digital
Sistem Procurement Digital

Sistem procurement digital memberikan platform all-in-one. Proses pengadaan, tansaksi dan informasi mengenai penjual, barang, harga dan lain-lain diintegrasikan di satu platform, yaitu Mbizmarket. Platform ini bisa membantu B2B khususnya bagian procurement untuk melakukan proses pengadaan barang secara efisien, efektif, nyaman dan cepat.

Related Posts
1 daripada 13

Mbizmarket bisa digunakan gratis oleh perusahaan dari berbagai skala, baik itu perusahaan besar multinasional maupun UMKM. Vendor penyedia barang dan jasa bisa memanfaatkan Mbizmarket secara optimal untuk mengembangkan dan meningkatkan produktivitas bisnis mereka.

“Selama tiga tahun berjalan, Mbiz lebih fokus pada perusahaan besar atau blue chip corporate, perusahaan tbk, multinasional, dan lain-lain. Banyak pelajaran yang diperoleh dari perusahaan-perusahaan besar ini dalam melakukan proses pengadaan selama tiga tahun ini. Bagaimana praktek terbaik mereka, cara mereka memastikan adanya transparansi, proses yang benar, fairness dan terbuka. Dari proses tersebut Mbiz terus meningkatkan platform melalui pelajaran- pelajaran tersebut,” ucap Rizal Paramarta, CEO Mbiz.

Beberapa perusahaan besar tersebut bahkan meminta Mbiz melakukan ekspansi di luar negeri. Padahal di Indonesia sendiri banyak segmen-segmen lain yang belum tersentuh, terutama perusahaan berskala kecil dan menengah. Masih banyak perusahaan yang mengalami  kendala biaya pengembangan sistem digital, sumber daya dan penguasaan teknologi . Mbizmarket berusaha untuk berbagi pengalaman dan membantu menerapkan solusi e-procurement total bagi bisnis yang mengalami kendala tersebut.

Mbizmarket dibanding Platform Lain

Mbizmarket menawarkan bantuan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengembangkan proses procurement dan memandu sehingga seperti buyer-buyer perusahaan besar. Selain itu juga membuka channel penjualan dan eksposur UKM ke buyer-buyer perusahaan besar berkat kerja sama Mbiz yang cukup lama. Dari sisi pembiayaan, Mbiz bisa mempertemukan penjual dan pembeli dengan mitra-mitra institusi keuangan, sehingga mudah mendapatkan modal kerja. Apalagi UKM mungkin memiliki akses yang lebih terbatas dibandingkan perusahaan-perusahaan besar.

Ekosistem Mbizmarket
Ekosistem Mbizmarket

Kelebihan Mbizmarket lainnya adalah perbandingan harga langsung. Jika melihat satu produk, maka akan tampil perbandingan harga langsung dari beberapa penjual lain. Jadi tak perlu repot lagi mencari informasi dari penjual-penjual lain secara manual untuk membandingkan harga dengan benar. Tersedia juga layanan untuk mengelola kontrak atau perjanjian ketentuan pembayaran antar kedua pihak.

Fitur ini belum ditawarkan oleh market place lain, padahal ini fungsi dasar pada transaksi B2B. Pembeli dan penjual bisa bernegosiasi di awal sebelum transaksi, jika keduanya telah sepakat, hal tersebut dapat diakomodasi di sistem.

Fitur lain yang disediakan pada platform adalah negosiasi. Negosiasi pun tak hanya sebatas harga, tetapi juga cara pembayaran, colume kontrak dan lain-lain. Bagi perusahaan yang awam pajak pun tersedia panduan kepatuhan pajak dan fitur untuk menerbitkan fatur pajak bagi para penjual. Kerennya lagi, tak hanya barang saja yang bisa diperjualbelikan di Mbizmarket, tetapi tersedia juga kategori service atau jasa.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.