Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mbizmarket Beri Solusi Total e-Procurement Bagi UMKM

Demi memudahkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan pengadaan barang, Mbiz mendigitalisasi poses e-procurement dan mengintegrasikannya dengan market place B2B. Selain mendukung kemudahan transaksi, Mbiznet juga menyediakan fitur-fitur penunjang lainnya seperti akses ke institusi finansial dan panduan mengenai perpajakan. Tentunya hal ini dapat mendorong UMKM dalam meningkatkan volume penjualan, sehingga turut memicu perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Apalagi segmen ini cukup besar di Indonesia dan belum digarap dengan serius dalam hal penyediaan layanan e-procurement.

Penerapan E-procurement Bagi UMKM

Selama tiga tahun beroperasi, Mbiz memiliki banyak pengalaman dalam proses e-procurement perusahaan-perusahaan besar dan multinasional dengan lebih dari 350 buyer. Bahkan ada yang ingin agar Mbiz berekspansi ke luar negeri. Tetapi karena segmen UMKM di Indonesia justru banyak yang belum tersentuh, Mbizmarket berusaha untuk menjangkau segmen tersebut. Dengan demikian UMKM dapat melakukan proses e-procurement yang setara dengan perusahaan besar.

“Kami berharap penerapan solusi e-procurement total dapat kian dirasakan manfaatnya oleh bisnis dari skala usaha yang makin luas dengan Mbizmarket, termasuk UMKM sekali pun,” ucap Rizal Paramarta, CEO Mbiz.

Kini UMKM bisa melakukan transformasi digital proses pengadaan barang yang tadinya manual atau konvensional menjadi transparan dan praktis menggunakan Mbizmarket. Platform tersebut akan memandu alur proses procurement seperti yang dilakukan oleh buyer-buyer perusahaan besar.

Baca juga: Mbizmarket Integrasikan Marketplace B2B dengan Solusi e-Procurement

“Semua transaksi pengadaan barang dan jasa menggunakan Mbizmarket akan tercatan dan 100% bisa diaudit. Ini berkat dukungan fitur-fitur e-procurement yang lengkap, seperti Budget Control, Spending Report & Analytics, Order & Fulfilment tracking, serta digital approval,” ucap Herdian Yoki Pradipta, Chief Technology Officer (CTO) Mbiz.

Keuntungan Penggunaan Mbizmarket
Keuntungan Penggunaan Mbizmarket

Keuntungan lain dari penggunaan Mbizmarket bagi UMKM adalah akses channel penjualan dan eksposur UMKM ke perusahaan-perusahaan besar. Ini berkat kerja sama yang cukup lama antara Mbiz dan perusahaan-perusahaan tersebut. Sebenarnya 80% dari pemasok yang terdaftar di platform ini adalah UMKM yang jumlahnya lebih dari 3.500 penjual.

“Analisis Mbiz menunjukkan tingginya permintaan perusahaan-perusahaan besar terhadap produk-produk terkustomisasi (80%). Produk-produk tersebut rata-rata dibutuhkan untuk mendukung aktivitas pemasaran, branding atau kegiatan korporasi. Adapun vendor penyedianya sebagian besar adalah UMKM,” lanjut Herdian.

Ekosistem Mbizmarket

Mbizmarket telah bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian  RI (Kemenperin) dan Kementrian Perdagangan RI (Kemendag) untuk menyukseskan program kedua lembaga tersebut. Program yang sedang diusung adalah hak pemberdayaan UMKM sebagai segmen yang terbesar di Indonesia. Sekitar 3,5 juta bisnis skala UMKM beroperasi di Indonesia. Pemerintah ingin membangun segmen tersebut karena mereka merupakan pemicu perekonomian di Indonesia.

“Kehadiran Mbizmarket diharapkan dapat meningkatkan peluang UMKM untuk melakukan ekspansi bisnis dan kiat berkontribusi dalam mewujudkan kampanye besar pemerintah ‘Making Indonesia 4.0’. Mbizmarket juga menyediakan solusi pengantaran ke seluruh wilayah Indonesia untuk memperlancar distribusi,” ungkap Herdian.

Mbizmarket ingin memperluas segmen market Mbiz yang selama ini hanya menyentuh perusahaan-perusahaan besar yang merupakan segmen kecil. Pengembangan platform ini memungkinkan UMKM melakukan transaksi dengan lancar dan bertemu dengan banyak mitra-mitra lain dalam ekosistem Mbizmarket. Mitra-mitra tersebut mencakup institusi keuangan, logistik, warehousing dan fulfilment.

Ekosistem Mbizmarket
Ekosistem Mbizmarket

Selama ini kemungkinan masih ada keterbatasan bagi UMKM untuk mengakses institusi keuangan untuk menunjang modal kerja. Dengan Mbizmarket, kredibilitas UMKM dapat terlihat dari kinerja dan penilaian pihak yang bertransaksi dengan mereka, sehingga memudahkan institusi keuangan mengevaluasi. Penambahan modal kerja tentunya juga dapat menunjang volume transaksi dan kesanggupan untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar.