Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Microsoft Siapkan Upgrade Skype bagi Android Versi Jadul

Kabar gembira bagi kalian yang punya smartphone berotak Android versi jadul yang ingin ber-Skype ria. Sebab Microsoft kini sedang dalam proses upgrade Skype bagi perangkat Android versi lama dengan jaminan audio dan kualitas video yang lebih baik.

Lewat upgrade Skype ini diharapkan kenikmatan chatting via video bisa dirasakan secara lebih lancar, termasuk bagi mereka dengan perangkat lawas, entah belum memperbaharui Android-nya atau memang smartphone tak lagi mendukung.

Seperti dikutip dari theverge.com, upgrade Skype akan dioptimalkan bagi perangkat berbasis Android yang menjalankan versi 4.0.3 hingga 5.1. Menurut Microsoft, versi ini “lebih ringan baik bagi disk mau pun dalam hal konsumsi memori,” dan bahwa “versi ini akan memberikan audio dan video yang lebih bagus selain memberikan performa yang lebih oke saat koneksi tak lagi lancar.”

Upgrade Skype ini akan diperkenalkan ke publik dalam beberapa pekan mendatang. Langkah dari Microsoft ini mirip dengan apa yang sedang dilakukan oleh Google dengan Android Go, versi lebih rendah dari Android yang tidak memerlukan daya prosesor, RAM atau penyimpanan yang besar.

Android Go dirancang untuk smartphone agar bisa bekerja di wilayah dengan koneksi internet terbatas. Turut ditambahkan pula aplikasi yang bisa beroperasi dengan spec yang terbatas pula.

Upgrade Skype, Android Go masih ketinggalan cepat jika dibandingkan dengan Facebook Messenger Lite yang telah diluncurkan  bagi Android Oktober tahun lalu. Dalam Facebook Messenger Lite ini, ada beberapa fitur dari versi reguler yang sengaja dihilangkan guna meringankan operasional di smartphone berbasis Android.

Baca juga: TCL C2: Android TV UHD dengan Speaker Harman Kardon

Twitter jadi yang lebih dahulu melakukan ini pada September tahun lalu. Versi Twitter bagi ponsel yang menggunakan lebih sedikit data telah menyapa pengguna terlebih dahulu sebelum Facebook Messenger Lite, Android Go dan kini Microsoft lewat upgrade Skype.

Penekanan pada aplikasi dan situs yang memerlukan lebih sedikit data dan daya performa memang berguna bagi pengguna di seluruh dunia, terutama di tempat dimana model smartphone teranyar belum ada atau memang terlalu mahal harganya.

upgrade Skype

Telah beroperasi sejak 29 Agustus 2003, Skype telah memiliki lebih dari 660 juta pengguna per akhir 2010. Pada 2012, ada 34 juta yang online di Skype. Setiap bulan per Agustus 2015 diprediksi lebih dari 300 juta pengguna Skype per bulannya.

Microsoft sendiri membeli Skype seharga US$8,5 miliar pada Mei 2011. Pendiri Skype sendiri dilakukan bersama-sama oleh Niklas Zennstrom dan Janus Friis bekerjasama dengan Ahti Heinla, Priit Kasesalu dan Jaan Tallinn. Melalui Skype, pengguna bisa berkomunikasi melalui internet menggunakan suara via mikrofon, lalu melalui video dengan menggunakan webcam hingga bisa melalukan instant messaging.

Kantor Skype tersebar di Luxembourg dan Tallinn dan Tartu di Estonia.

%d blogger menyukai ini: