Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Telat dari Qualcomm, Intel Tetap “Pede” Umumkan Modem Smartphone 5G

Modem 5G Intel secara resmi diumumkan ke publik, dua tahun lebih lambat dari pesaing terbesarnya, Qualcomm. Intel menjadwalkan chip terbaru itu akan tersedia bagi produsen ponsel pintar pada pertengahan 2019.

Modem 5G Intel tersebut diberinama Intel XMM 8160 yang diharapkan bisa disematkan ke produk massal edisi perdana pada awal 2020. Di lain pihak, Qualcomm telah mengumumkan modem 5G nya lebih dari dua tahun yang lalu dan akan mulai bisa disematkan ke produk konsumen awal 2019.

Intel mempunyai alasan mengapa pihaknya tampak terlambat dari pesaing perihal jadwal pembuatan chip tersebut. Sebagaimana diambil dari phonearena.com, modem 5G Intel akan mengandung solusi all-in-one. Modem XMM 8160 tidak hanya akan mengurus konektivitas 5G tetapi juga 4G, 3G dan bahkan 2G. Chip terbaru ini nantinya akan memungkinkan terciptanya papan jalan arus listrik yang lebih kecil, yang artinya produsen smartphone memperoleh ruang yang lebih besar untuk baterai. Tambahan lainnya, chip ini akan memungkinkan perangkat pintar lainnya yang lebih kecil agar bisa menjalankan konektivitas 5G.

Kemampuan modem 5G Intel tersebut menjadi penting sebab keunggulan terbesar dari 5G nantinya adalah membawa perbaikan pada dunia yang terhubung oleh internet atau Internet-of-things.

Related Posts
1 daripada 32
Spesifikasi Intel XMM 8160. Foto oleh Intel

Selain kepadatan tempat yang ditawarkan, modem 5G Intel akan menghadirkan “puncak kecepatan internet yang bisa melesat hingga 6 gigabits per detik, menjadikannya tiga hingga enam kali lebih cepat dari modem LTE terakhir yang tersedia di pasaran saat ini”.

Modem XMM 8160 pun akan mendukung semua pita frekuensi yang dibutuhkan, mulai dari rentang 600 MHz sampai 6 GHz hingga apa yang disebut frekuensi mmWave yang dimulai dari 24 GHz.

Penjabaran Intel tentang chip terbarunya tersebut tampak berbarengan dengan munculnya rumor bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone pertamanya dengan konektivitas 5G pada 2020. Sekadar mengingatkan, baru-baru ini Intel menjadi pemasok modem satu-satunya bagi iPhone Apple keluaran 2018. Dengan kata lain, Apple bergantung pada teknologi Intel untuk saat ini.

Baca juga: Begini Cara Intel Manfaatkan Bluetooth untuk Drone Biar Nggak Jatuh