Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

MOREbot, Ekosistem Robot dengan Komponen Cetak 3D dan Modular

MOREbot adalah ekosistem robot yang dicetak 3D untuk mengajarkan kemampuan teknologi yang nyata bagi generasi mendatang yang inovatif dan mampu memecahkan masalah. Robot ini akan tumbuh bersama sambil belajar. Robot dengan konfigurasi dasar cukup mudah bagi pemula berusia 8 tahun, yaitu Base Robot. Nantinya robot tersebut dapat tumbuh menjadi alat canggih untuk berbagai macam keahlian.

Pencetakan atau printing 3D penting karena memiliki kemampuan untuk mentransformasi konsumerisme. Ekosistem robot MOREbot yang dicetak 3D mendorong orang untuk membuat barang-barang mereka sendiri. Dengan demikian bisa mendukung semangat melakukan kustomisasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Robot ini mudah untuk dibangun, sehingga tak perlu seorang ahli untuk menggunakan robot ini, tetapi kemungkinan nantinya bias menjadi seorang ahli.

Fitur MOREbot
Fitur MOREbot

MOREbot merupakan ekosistem robotik dengan modul-modul pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi, dan matematika yang bisa diperluas. Seluruh komponen robot dicetak 3D dan bisa dicetak sendiri di rumah. Jadi tentu saja robot ini sangat terjangkah. MOREbot merupakan satu-satunya sistem yang jelas bagi pemula untuk menjadi ahli dalam pemrograman, pencetakan 3D dan elektronik.

Komponen Cetak 3D

Hampir seluruh komponen MOREbot dicetak 3D dan disatukan memakai stik kayu, sehingga sangat mudah dikustomisasi dan menghasilkan pembelajaran yang mendalam. Pencetakan 3D membuat robot ini menjadi satu-satunya yang dibuat, tak hanya langsung digunakan. Hal ini dilakukan agar penggunanya belajar cara membuat robot, tak hanya sekedar merakitnya. Semua komponen bisa dicetak 3D atau mudah dibeli di toko.

Pencetakan 3D menjaga biaya rendah, sehingga meningkatkan kemudahan untuk mengakses ekositem MOREbot. Printer 3D menjadi bagian penting proses pembuatan prototype dan semakin populer, sehingga bisa dijadikan alat pembuatan teknologi, tak hanya menggunakan. Komponen utama yang dipakai adalah stik kayu dan komponen yang dicetak 3D, sehingga mudah membuat struktur yang rumit dan besar.

Pembelajaran Open Source

MOREbot mengajarkan keterampilan teknologi yang bernilai, seperti pemrograman, pencetakan 3D dan elektronika menggunakan platform Arduino. Hal yang terpenting adalah menyiapkan pembuat robot untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat dengan mengajari keterampilan memecahkan masalah dan desain.

Paket MOREbot

Base Robot, paket ini memungkinkan membuat robot dan mengendalikannya menggunakan aplikasi smartphone. Kit dasar ini bisa dikembangkan dengan menambahkan komponen berupa kit add-on untuk membangun apa pun. Setiap kit bisa berfungsi sendiri, atau bisa jadi apa saja ketika memiliki komponen yang berbeda dari semua kit. Hal ini bisa dimulai dengan membuat struktur sederhana dan kemudian dikembangkan menjadi robot yang kompleks.

MOREbot
MOREbot

Game Kit bisa mentransformasi MOREbot menjadi perangkat interaktif dengan layar dan beberapa pengendali. Tujuan kit ini untuk merangkul pelajar pemrograman dengan mempelajari konsep dasar pemrograman game. Pada akhirnya, pelajar bisa membuat, menyambungkan dan memprogram platform MOREbot ke dalam sistem game dan pengendali penuh.

Catapult Expansion akan memberikan kemampuan pada MOREbot untuk meluncurkan proyektil kecil. Peluncuran dapat dilakukan melalui ponsel dan dengan mudah ditambahkan di atas Base Robot. Kekuatan dari ketapel ini bisa diubah dengan pita karet. Ketapel bisa digunakan untuk mengajar konsep fisika yang berbeda, seperti daya, torsi dan pegas.

Robot Arm Expansion akan memberikan tangan atau cakar pada MOREbot sehingga bisa mengangkat obyek. Setiap sambungan lengan menggunakan servo digital, masing-masing lengan memiliki panjang 6 inci.

Structure Kit menggunakan ekosistem MOREbot untuk mewujudkan gagasan yang ada. Perlengkapan ini dilengkapi dengan komponen cetak 3D inti dan begitu banyak stik kayu. Kit ini bisa digunakan untuk membuat apa saja, seperti jembatan atau robot raksasa. Jika digabungkan dengan kit Sensor dan kit Motion maka bisa diperoleh ekosistem MOREbot yang canggih.

Motion Kit bisa menghadirkan robot tingkat lanjutan, dengan segala yang dibutuhkan untuk membuat banyak hal yang bergerak. Komponennya mencakup gir, servo dan motor yang bisa dipakai untuk membuat lengan robot, robot yang lebih cepat atau apa pun. Sensor Kit membantu MOREbot memahami dunia, kamu pun bisa belajar menggunakan setiap sensor dengan pelajaran terapan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.