Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Jaringan 4G LTE Operator Net1 Mulai Merambah Bali dan Sekitarnya

Dengan keberadaaan Net1 di Bali, akan menambah jumlah jaringan 4G LTE yang telah ada sebelumnya di kawasan timur Indonesia.

Setelah berhasil mengantongi izin untuk mengggelar jaringan 4G LTE di frekuensi 450 Mhz secara nasional pada September tahun lalu, melalui bendera Net1 Indonesia, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) langsung melebarkan ekspansinya ke berbagai daerah. Kali ini sasarannya adalah Pulau Dewata, Bali.

Jika merujuk pada data pengguna internet di tahun 2017 yang dilansir Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII), Bali memang terbilang pasar yang potensial untuk digarap. Pasalnya, dari sebanyak 132,7 juta pengguna internet di Indonesia, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengantongi sebanyak 6.148.796 pengguna atau 4,7% dari jumlah tersebut.

Ki-ka: Larry Ridwan, CEO Sampoerna Telekomunikasi Indonesia dan Darman Mappangara, CEO PT INTI, menunjukkan perangkat-perangkat telekomunikasi yang diproduksi PT INTI untuk mendukung layanan Net1 di Indonesia (Foto: Dok STI)

 

Menurut Larry Ridwan, CEO Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Bali merupakan salah satu provinsi yang jadi penopang perekonomian Indonesia melalui industri pariwisatanya yang mendunia. Dengan bertumbuhnya industri tersebut, tentu akan menumbuhkan industri-industri pendukung yang berada di kawasan itu.

Related Posts
1 daripada 307

“Pertumbuhan industri yang semakin menggeliatkan perekonomian lokal itulah yang membuat kami memiliki komitmen kuat terhadap Bali. Kami akan memaksimalkan akses Net1 agar bisa menjangkau wilayah tersebut mulai dari Gilimanuk hingga ujung timur di Gili Selang,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Rabu (23/8/2017).

Sekedar informasi buat kamu, Net1 sebelumnya bernama Ceria yang merupakan layanan operator CDMA (Code Division Multiple Acces) di area pedesaan milik STI. Setelah berganti nama, saat ini STI masih terus melakukan perpindahan dari pelanggan CDMA untuk bermigrasi ke layanan 4G Net yang akan dikomerisalkan secara penuh mulai tahun 2018.

Dengan keberadaaan Net1 di Bali, akan menambah jumlah jaringan 4G LTE yang telah ada sebelumnya di kawasan timur Indonesia, seperti Sulaweesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Maluku. Selain itu, operator ini juga telah eksis juga di Aceh dan Banten.

Net1 fokus ke daerah pedesaan dan suburban, dikarenakan jangkauan sinyal 4G LTE 450 Mhz bisa mencapai lebih dari 100 km yang tentunya cocok dengan karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Operator ini juga mengkliam akan menyediakan akses jaringan tersebut ke 260 juta penduduk Indonesia yang tersebut di lebih dari 14.000 pulau.

This post is also available in: enEnglish (English)