Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Nokia 3.1 Plus Jejalkan Fitur Premium dengan Harga Terjangkau

Kendati lebih murah dari Nokia 5.1 Plus saat diluncurkan, ternyata Nokia 3.1 Plus memiliki keunggulannya tersendiri. Beberapa keunggulan yang diusung oleh Nokia 3.1 Plus adalah fitur NFC, layar lebih lebar, keawetan baterai, dan rangka berbahan aluminium. Keberadaan NFC memudahkan untuk mengecek saldo di e-money atau transaksi dengan e-money yang bisa terkoneksi dengan NFC smartphone seperti LinkAja. Harga yang dbandrol pada smarphone ini sangat murah, yaitu hanya Rp2.399.000. Tampaknya Nokia 3.1 Plus ingin mengembalikan fitur NFC sebagai fitur standar di smartphone non-premium.

Fitur NFC Nokia 3.1 Plus
Fitur NFC Nokia 3.1 Plus
Tap & Pay
Tap & Pay

Seperti telah disinggung sebelumnya, keandalan smartphone ini adalah daya tahan baterai berkapasitas 3500 mAh yang diklaim bisa sampai dua hari. Dengan demikian bisa digunakan untuk bermedia sosial, streaming konten dan menonton video tanpa harus khawatir kehabisan baterai. Layar pada Nokia 3.1 Plus ini memang cukup lapang, yaitu 6 inci, sehingga nyaman digunakan untuk menonton. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Nokia 5.1 Plus, memang layar Nokia 3.1 Plus sedikit lebih besar. Layar Nokia 3.1 Plus tersebut memiliki resolusi HD+ dan rasio aspek 18:9.

Platform Nokia 3.1 Plus

Tampilan menu Nokia 3.1 Plus tampak simple dengan Android One yang murni dirancang bersama Google. Kelebihan dari Android One adalah cepat menerima pembaruan yang membuat smartphone semakin canggih dan aman. Pembaruan keamanan memang dilakukan secara rutin secara bulanan selama tiga tahun. Sementara untuk pembaruan sistem operasinya sendiri dijamin selama dua tahun.

Menu Android 9 Pie di Nokia 3.1 Plus
Menu Android 9 Pie di Nokia 3.1 Plus
Related Posts
1 daripada 355

Saat diluncurkan Nokia 3.1 Plus ini sudah dibekali dengan platform Android 9 Pie yang mengusung berbagai fitur terkini. Fitur-fitur tersebut mencakup App Action, Adaptive Battery dan Digital Wellbeing. Kemampuan AI intuitif pada Android 9 Pie menjamin kecanggihan smartphone terus meningkat karena fitur tersebut mempelajari kebiasaan pengguna demi pengalaman yang paling efektif dan efisien.

Fotografi

Dari segi fotografi, seperti halnya Nokia 5.1 Plus dan Nokia 6.1 Plus, maka Nokia 3.1 Plus dibekali sistem kamera ganda. Sistem tersebut memadukan kamera utama 13 MP dan sensor 5MP unguk pencitraan yang lebih detil. Kamera utama dibekali Phase Detection Auto Focus yang memungkinkan fokus akurat dan cepat walau pencahayaan rendah. Sementara kamera kedua memungkinkan pencitraan yang lebih detil layaknya memotret di studio profesional dengan pilihan bokeh blur. Bagi yang suka narsis, tersedia juga kamera depan 8 MP untuk swafoto.

Perangkat Keras

Smartphone ini dibekali chipset MediaTek Helio P22 dengan delapan inti prosesor. Kinerja prosesor didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB dan media penyimpanan berkapasitas 32 GB. Bila dirasa masih kurang, maka tersedia slot memori eksternal mandiri, yang bisa membaca microSD sampai 400 GB. Yup, keren kan, nggak perlu bingung menentukan pakai dual SIM atau menambah memori, karena slot yang tersedia bukan hybrid.

Desain dan Ketersediaan

Seperti telah disinggung di awal, bahan yang digunakan pada Nokia 3.1 Plus adalah aluminium yang kokoh dan mulus. Bodi tersebut pun dibalut dengan warna matte dan lapisan kaca 2.5D yang memberikan sentuhan presisi saat digenggam. Pilihan warna yang tersedia adalah Blue dan Baltik.

Bagi yang ingin memiliki smartphone ini, sudah bisa melakukan pre-order sejak 15 Maret 2019 dengan promo cashback sampai Rp300 ribu. Pre-order bisa dilakukan melalui Blibli.com, Dinomarket.com, Erafone.com, JD.id, Shopee dan Tokopedia yang akan ditutup pada 22 Maret 2019.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.