Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Apple dan Ubisoft Bantu Upaya Restorasi Notre-Dame

Musibah tragis menimpa Prancis saat bangunan fenomenal mereka, gereja katedral Notre-Dame terbakar pada Senin, 15 April 2019. Setelah atap bangunan mengalami kerusakan hebat dan puncak menaranya runtuh, banyak perusahaan berjanji untuk menyumbangkan demi memulihkan gereja katedral tersebut. Salah satu perusahaan adalah Apple, hal tersebut diungkapkan Tim Cook melalui cuitan di Twitter. Perusahaan yang berpusat di Cupertino ini menjanjikan bantuan dana untuk mendukung usaha membangun ulang bangunan fenomenal tersebut.

Dukungan Apple untuk Notre-Dame

Tim Cook tidak menjelaskan seberapa besar Apple berencana menyumbang, dan apakah berkaitan dengan uang. Perusahaan tersebut bisa juga menyediakan teknisi pemetaan 3D yang telah bekerja meningkatkan platform Apple Map sejak diluncurkan beberapa tahun lalu.

Sejauh ini sudah lebih dari €600 juta atau sekitar Rp9,5 triliun dana yang terkumpul dalam sumbangan dari banyak perusahaan di Prancis. Beberapa perusahaan tersebut mencakup L’Oreal dan Total, serta pemilik merk Louis Vuitton, Gucci, dan YSL. Selain itu banyak juga kontributor-kontributor dengan skala lebih kecil.

Apple belum mengklarifikasi komentar yang dilontarkan CEO mereka. Kendati demikian, Apple telah menjadi perusahaan yang tak berasal dari Prancis pertama yang menyuarakan akan membantu usaha restorasi. Perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut memang telah mengungkapkan semangat untuk berbagi dalam hal kebudayaan pada awal tahun ini.

https://twitter.com/tim_cook/status/1118147856613818369?ref_src=twsrc%5Etfw

Related Posts
1 daripada 20

Selama tahun 2018, Apple telah menyalurkan seluruh sumbangan yang diberikan oleh para pegawainya. Jumlah pengumpulan dana tersebut sampai US$125 juta atau sekitar Rp1,8 triliun yang akhirnya disalurkan ke berbagai organisasi di seluruh dunia.

Kontribusi Ubisoft

Selain itu Ubisoft, developer game Assassin’s Creed juga akan menyumbangkan dana €500 ribu atau sekitar Rp7 miliar. Dana tersebut ditujukan untuk melakukan rekonstruksi gereja katedral Notre-Dame. Versi digital dari bangunan tersebut ditampilkan pada Assassin’s Creed Unity yang dirilis pada tahun 2014. Perusahaan tersebut mengungkapkan pada BBC bahwa akan berbagi desain tersebut dengan otoritas Prancis jika diminta.

Desain Notre-Dame Versi Assassin's Creed
Desain Notre-Dame Versi Assassin’s Creed

Ubisoft yang berkantor pusat di Paris tersebut menegaskan bahwa walau representasi struktur dalam game telah digabungkan, hasilnya tidak akurat 100%. Contohnya adalah puncak menara dalam game yang berbeda dengan aslinya. Ini karena puncak menara tersebut telah diubah sepanjang riwayat katedral.

“Walau kami ingin sangat presisi dengan detail, ada beberapa perbedaan dalam hal skala dan beberapa unsur,” ucap Caroline Miousse dari Ubisoft.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More