Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Olympus OMD E-M10 Mark III, Kamera Mirrorless 4K dengan In Body 5-axis Image Stabilizer yang Cocok untuk Traveling

Tahun baru identik dengan liburan ke tempat-tempat yang menyenangkan. Satu perangkat wajib ketika traveling adalah kamera yang dipergunakan untu kmengabadikan momen berharga. Belum lama ini, Olympus meluncurkan kamera generasi terbarunya Olympus OMD E-M10 Mark III untuk pasar Indonesia.

Perangkat ini disebut mampu menghasilkan hasil foto atau video yang berkualitas tinggi, namun dengan bobot kamera yang ringan dan body mungil. Menurut Sandy Chandra, Marketing Manager – Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), kamera ini diluncurkan pada momentum yang tepat. Di mana pada akhir tahun, semua orang merencanakan untuk pergi berlibur bersama keluarga tercinta atau teman akrabnya.

“Liburan tahun baru akan semakin berkesan dengan kamera terbaru Olympus OMD E-M10 Mark III. Lebih ringkas tanpa membawa peralatan tambahan seperti gimbal dan tripod. Karena aksesoris tambahan ini sangat mengganggu kenyamanan perjalanan liburan  dikarenakan beban tambahan yang tidak seharusnya ada di daftar barang bawaan,” ujar Sandy.

Ia menambahkan, Olympus OMD E-M10 Mark III memiliki desain klasik modern yang  telah dirancang dengan seksama untuk menjadi teman traveling yang sempurna. Dengan bobot yang ringan dan mudah digunakan, kamera mirrorless ini mempunyai control intuitif untuk memudahkan kita saat memotret, sehingga menghasilkan gambar yang tajam dan video yang mulus.

 

Fitur Utama Olympus OMD E-M10 Mark III 

 

Model baru ini dilengkapi dengan prosesor gambar TruePic VIII yang membantu meningkatkan kinerja saat memotret low light dan Olympus terkenal dengan In Body 5-axis Image Stabilization (IBIS). Dengan 121 poin AF seperti yang ditemukan pada rekaman film handheld OM-D E-M1 Mark II dan resolusi 4k UHD, fitur OM-D E-M10 Mark III yang baru ini dikemas untuk para traveler, vlogger, blogger dan yang memiliki mobilitas tinggi.

Olympus OMD E-M10 Mark III menggunakan teknologi canggih In Body 5-Axis Image Stabilization yang memungkinkan memotret dengan mobilitas dan kebebasan yang lebih leluasa dibanding kamera lain di kelasnya. Ukuran yang kompak dan ringan memberikan fleksibilitas pemotretan genggam (Handheld Shooting) yang mudah digunakan untuk pemula fotografi dengan beragam minat subjek.

Fungsi Image Stabilizer (IS) secara umum berguna untuk mendapatkan hasil gambar yang stabil dan tajam ketika memotret dengan kondisilow light (yang membutuhkan slow speed ) atau saat kondisi kamera terguncang ketika dalam mode video recording. Teknologi IS (image stabilizer) di kamera ini yang secara efektif melawan guncangan kamera hingga maksimal empat langkah kecepatan rana ( 4,5 stop ) dari kinerja kompensasi untuk menghasilkan hasil pencitraan genggam yang sangat tajam.

Fitur penstabil gambar yang terdapat pada body kamera Olympus OMD E-M10 Mark III bekerja dengan cara menggerakan image sensor sesuai arah gerakan pada sumbu x dan y, gerakan pitch (seperti gerakan mengangguk), yaw (seperti gerakan menggeleng) dan rolling (seperti gerakan lensa memutar), dimana stabilisasi untuk mencover gerakan Rolling ini yang sangat dibutuhkan saat pengambilan video.

Dari landscape  sudut lebar, portrait, human interest, perjalanan, film, close-up makro sampai tele foto untuk aksi olahraga, semua bisa dilakukan dengan mudah pada kamera ini. Berkat IS 5-axis pada OMD E-M10 Mark III, pengguna dapat memotret dengan kecepatan shutter lambat tanpa khawatir blur. Ketika kamera sedang merekam movie, gambar menjadi jauh lebih stabil layaknya perekaman movie oleh Professional  Videographer.

Related Posts
1 daripada 280

Kamera pun menjadi ringan karena tidak memerlukan alat stabilizer tambahan seperti Gymbal dan tripod yang tentu akan sangat merepotkan ketikadi bawa traveling. Terpenting dari semua itu, tentunya gambar tetap berkualitas tinggi dan tetap tajam.

Olympus OMD E-M10 Mark III  dirancang tidak hanya untuk yang sudah mahir fotografi. Bahkan pengguna yang baru pertama kali memakai kamera DSLR atau mirrorless pun bisa dengan mudah menggunakannya. Auto Mode kamera ini sangat powerfull untuk menyesuaikan semua pengaturan untuk setiap situasi dengan presisi, sehingga anda bisa memotret dengan mudah.

Kamera ini dibekali dengan empat mode bidikan tambahan yaitu AUTO, SCN (Scene), mode AP (Advanced Photo) dan ART (Art Filter). Mode pemotretan tersebut ditambahkan pada tombol mode untuk memudahkan akses. Mode AP ada salah satu scene yang menarik adalah Light Trails atau sering dikenal dengan Star Trails, pemotretan Star Trails ini harus dilakukan pengaturan secara professional, tetapi di E-M10 Mark III pengguna hanya perlu masuk ke mode AP dan pilih  Nightscape dan pilih “Light Trails” jadilah foto Star Trails yang anda dambakan.

Sama seperti pendahulunya, memiliki OM-D E-M10 Mark III highspeed AF yang memastikan focus kilat pada subyek yang bergerak cepat untuk menangkap gambar yang indah, tajam dan terfokus. Ada peningkatan dari 81 titik AF menjadi 121 titik AF yang ditemukan pada model unggulan OM-D E-M1 Mark II yang mencakup sebagian besar area pencitraan, sehinggaAndadapatmemfokuskansu bjek di manapunpada monitor.

Namun berbeda dengan seri sebelumnya OM-D E-M10 Mark II, kamera OM-D E-M10 Mark III yang baru hadir dengan fungsi perekaman 4K dan full HD untuk memastikan rekaman video berkualitas tinggi. Mode 120-fps High-speed Movie juga menjamin momen perekaman kedua dan putaran gerak lambat yang biasanya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Integrasi dengan Smartphone

Kamera OMD E-M10 Mark III juga memiliki koneksivitas tanpa kabel yang kinerjanya semakin ditingkatkan dengan menggunakan jalur Wi-fi. Kamera ini dapat terhubung dengan perangkat lain yang memiliki fitur koneksi Wi-fi juga seperti tablet atau smartphone, yang berjalan dengan platform Android atau iOS.

Olympus menyediakan aplikasi bernama OIS (Olympus Image Share) yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store. Dengan aplikasi ini, pemotretan oleh kamera OMD E-M10 Mark III dapat di-remote tanpa kabel dari kejauhan melalui smartphone. Tak hanya itu, parameter fotografi, serta fitur-fiturnya bahkan gerakan zoom lensa pun dapat dikendalikan dari smartphone.

Dengan menu remote di Olympus Image Share, melalui LCD smartphone, Anda juga dapat melakukan pemotretan dalam kondisi extremeseperti Low Light, moving subject, nightscape dan melakukan group selfie dengan lensa wide 14-42mm EZ. Hasilnya langsung ada di penyimpanan smartphone. Sehingga memudahkan untuk share hasil foto dan video dari kamera langsung ke akun media social Anda.

Harga Olympus OMD E-M10 Mark III

Kamera mirrorless terbaru Olympus ini hadir di Indonesia dengan paket menggiurkan yaitu Olympus OMD E-M10 Mark III + 14-42mm EZ yang dibanderol Rp. 12,499,000. Selain itu, konsumen akan mendapatkan FREE SD 32 G class 10.

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.